Home > Ragam Berita > Internasional > AS Sambangi China yang Geram dengan Putusan Abitrase Internasional

AS Sambangi China yang Geram dengan Putusan Abitrase Internasional

Qingdao – Laut China Selatan (LCS) kini masih diiputi ketegangan. Kini Angkatan Laut (AL) Amerika Serikat (AS) dikabarkan sedang menyambangi Negeri Tirai Bambu. Hal tersebut dilakukan karena China masih geram lantaran putusan pengadilan arbitrase internasional di Den Hague, Belanda.

AS Sambangi China yang Geram dengan Putusan Abitrase Internasional

Kapal USS Benfold dikabarkan tiba di pelabuhan Kota Qingdao, China pada Senin 8 Agustus 2016. Dikabarkan kunjungan oleh AL Negeri Paman Sam ini dilakukan demi meningkatkan jalinan persahabatan antara AL AS dengan China.

Komandan dari kapal perang AS tersebut, Komandan Justin L. Harts menegaskan kunjungan tersebut hanya berfokus dalam tema “membangun hubungan”. Ia mengatakan kunjungan ini tidak ada hubungannya dengan isu yang sudah membayangi kedua negara.

”Pelaut tetaplah seorang pelaut akhirnya, walaupun berasal dari Timur ataupun Barat, kita menghadapi tantangan yang sama ketika berada di laut. Kesamaan inilah yang menyatukan kita,” ujar Komandan Harts sebagaimana diberitakan Russia Today pada Rabu (10/8/2016).

Harts juga menambahkan ia yakin pada waktu akhir kunjungan ini, pelaut China dan AS akan menjadi lebih dekat dan akrab hubungannya. Dilaporkan, ketika tiba di perairan China, Kapal USS Benfold sempat memberikan sinyal dimulainya latihan bersama AL AS dan China.

Hubungan China dan AS memang semakin keruh usai Negeri Paman Sam menekan Negeri Tirai Bambu untuk mematuhi putusan pengadilan arbitrase internasional terkait LCS. Namun, China dengan tegas menolak putusan tersebut dengan mengatakan hal tersebut hanya bersifat sepihak. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Pria Kristen Ikut Warga Palestina Yang Sedang Salat Doakan Masjid Al-Aqsa

Pria Kristen Ikut Warga Palestina Yang Sedang Salat Doakan Masjid Al-Aqsa

Yerusalem – Ada salah seorang pria diantara para jemaah salat Jumat Palestina, yang mencuri perhatian. ...