Home > Ragam Berita > Internasional > AS-Jepang Terus Mengawasi Aktivitas China di Pulau Senkaku

AS-Jepang Terus Mengawasi Aktivitas China di Pulau Senkaku

Tokyo – Pemerintah Amerika Serikat (AS) dan Jepang kini sedang mengawasi aktivitas China. Berdasar kabar, China melakukan aktivitas id di Pulau Senkaku. Nah, hal tersebut dilakukan lantaran Negeri Tirai Bambu beberapa kali menerobos masuk ke teritori Jepang.

AS-Jepang Terus Mengawasi Aktivitas China di Pulau Senkaku

Sebagaimana diberitakan NHK pada Rabu (10/8/2016), Juru Bicara Kementerian Luar Negeri AS Elizabeth Trudeu pada Selasa 9 Agustus menegaskan pemerintahnya tidak memihak kepada siapa pun terkait kedaulatan Pulau Senkaku. Namun, ia menuturkan Negeri Paman Sam sadar pulau tersebut berada dalam pengaturan Pemerintah Jepang sehingga menjadi bagian dari kesepakatan keamanan mereka dengan AS.

Bila secara sejarah politik, selama ini Pulau Senkaku memang berada dalam kontrol Jepang. Namun, China serta Taiwan juga ikut mengklaim pulau tersebut sebagai bagian dari kedaulatan mereka.

Terkait isu dengan China, Trudeu sempat ditanya oleh para reporter terkait laporan China yang tengah membangun hanggar pesawat di Pulau Spratly yang berada di Laut China Selatan (LCS). Ia menyatakan pembangunan tersebut bisa menjadi bukti China telah memiliterisasi pos mereka yang berada di wilayah sengketa itu. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Tanggapi Trump, Korut Makin Ingin Ledakkan Bom

Tanggapi Trump, Korut Makin Ingin Ledakkan Bom

Jakarta – Gertakan Amerika Serikat yang diungkapkan oleh Donald Trump, langsung direspon dengan Korea Utara ...