Home > Ragam Berita > Nasional > Full Day School Jadi Polemik, Ini Kata Anies Baswedan

Full Day School Jadi Polemik, Ini Kata Anies Baswedan

Jakarta – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy pada Minggu (7/8/2016) melemparkan ide soal full day school yang akan diterapkan di jenjang pendidikan SD dan SMP yang kemudian menimbulkan kontroversial di tengah masyarakat.

Full Day School Jadi Polemik, Ini Kata Anies Baswedan

Lantas bagaimana pendapat mantan Mendikbud Anies Baswedan terkait soal ini?

“Saya tidak mau mengomentari kebijakan pejabat baru,” kata Anies Baswedan, Selasa (9/8/2016).

Anies merasa tidak etis bila ia ikut mengomentari kebijakan dan gagasan dari penerusnya.

Muhadjir sendiri mengaku senang dengan banyaknya kritikan yang datang dari masyarakat. Menurutnya, ide tersebut akan diuji dan dikaji. Jika ditemukan banyak kelemahan maka ide tersebut tidak akan diterapkan.

“Ini kan masih sosialisasi, melontarkan gagasan. Kita ingin dapat masukan. Saya justru kalau ada orang yang baru diberi tahu langsung terima, malah curiga. Ini berarti tanda masyarakat kritis, masyarakat bagus. Saya juga senang kalau nanti ide itu diuji betul, sehingga nanti betul-betul mateng,” kata Muhadjir di Restoran Batik Kuring, Jalan Widya Chandra, SCBD, Jakarta Selatan, Selasa (9/8/2016).

Menurut Muhadjir, Kemendikbud akan tetap mengkaji full day school ini dengan mengundang para pakar untuk dimintai pendapat.

“Tapi intinya begini, saya tidak mau berpanjang-panjang. Ini baru ide. Saya terima kasih atas respons masyarakat dan kami akan susun yang lebih menyeluruh yang lebih utuh. Nanti akan saya sampaikan lagi ke masyarakat. Nanti biar ada uji. Kalau memang kira-kira dilanjutkan, mana yang akan kita sempurnakan, kita sempurnakan. Kalau tidak (batal diterapkan-red), tidak apa-apa, nanti kita tarik. Saya akan coba mencari pendekatan lain,” papar Muhadjir.
(Samsul Arifin)

x

Check Also

Ditanya Soal Pidato Pribumi Anies Baswedan, Ini Tanggapan Jokowi

Ditanya Soal Pidato Pribumi Anies Baswedan, Ini Tanggapan Jokowi

Bandung – Presiden Joko Widodo enggan untuk ikut berkomentar terkait polemik pidato Gubernur DKI Jakarta ...