Home > Gaya Hidup > Kesehatan > Benarkah Obat Herbal Memiliki Beberapa Efek Samping?

Benarkah Obat Herbal Memiliki Beberapa Efek Samping?

Yogyakarta – Pada sekarang ini banyak penyakit yang beredar dikalangan masyarakat. Penyakit dari yang tingkat resiko meninggal dunia paling kecil sampai yang terberat.

Benarkah Obat Herbal Memiliki Beberapa Efek Samping?

Untuk mencegah penyakit tersebut tidak sedikit masyarakat Indonesia yang memanfaatkan obat herbal untuk menyembuhkannya. Tetapi perlu diingat bahwa tidak semua obat herbal mempunyai fungsi yang sama bahkan da beberapa obat herbal yang mempunyai efek samping.

“Bahan herbal juga memiliki efek samping yang dapat berpengaruh negatif terhadap kesehatan. Hal itu yang harus dipahami masyarakat,” kata Akrom, selaku Kepala Pusat Informasi dan Kajian Obat (PIKO) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta, Kamis (11/8/2016).

Akrom juga menghimbau warga Indonesia untuk memanfaatkan obat herbal sesuai dengan takaran atau dosis yang wajar dan sudah terbukti kahsiatnya sehingga aman untuk digunakan. Jika tidak berhati-hati, obat herbal tersebut dapat menimbulkan efek samping dan dapat menimbulkan penyakit yang ada dalam tubuh manusia.

Akrom juga mengungkapkan bahwa kebanyakan penderita biasanya mempunyai sugesti kesembuhan ketika memakai obat herbal dan jelakanya biasanya meninggalkan obat utama untuk dikonsumsi. “Jika ternyata rasa sembuh itu hanya sugestif, akibatnya bisa fatal. Risiko kematian justru mengancam pasien,” ujar Akrom. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Tips Menjaga Kesehatan Gigi dan Gusi Buah Hati

Tips Menjaga Kesehatan Gigi dan Gusi Buah Hati

Jakarta – Asupan makanan bergizi yang dikonsumsi anak haruslah penuh nutrisi untuk membangun tubuh mulai ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis