Home > Ragam Berita > Nasional > Menteri Kesehatan Imbau SPGDT Diterapkan di Setiap Daerah

Menteri Kesehatan Imbau SPGDT Diterapkan di Setiap Daerah

Purbalingga – Menteri Kesehatan menerapkan program terbaru . Itu adalah Sistem Penanggulangan Gawat Darurat Terpadu (SPGDT). Program tersebut bakal tersambung lewat call center 119. Nah, Nila Djuwita F. Moeloek berharap sistem tersebut bisa diterapkan di setiap daerah.

Menteri Kesehatan Imbau SPGDT Diterapkan di Setiap Daerah

”Kami baru 27 kabupaten, tapi kami harus mengembangkan. Sekarang Kabupaten Purbalingga ikut, ini bagus sekali,” katanya di Purbalingga, Jawa Tengah, Kamis.

Menkes mengatakan hal itu kepada wartawan usai peluncuran Sistem Informasi Kamar Kosong Rumah Sakit yang dilaksanakan saat penutupan Pekan Promosi Kesehatan Kabupaten Purbalingga.

Menurut dia, SPGDT tidak hanya melayani korban kecelakaan tetapi juga ibu hamil yang butuh pertolongan dan pemadam kebakaran.

”Saya pertama lihat di Tulungagung (Jawa Timur), 119 itu bagus sekali. Dia (119, red.) juga bekerja sama dengan polisi dan pemadam kebakaran, jadi kalau ada kecelakaan polisi juga tahu,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Purbalingga Nonot Mulyono mengatakan Sistem Informasi Kamar Kosong Rumah Sakit memberikan informasi mengenai ketersediaan informasi kamar kosong di sejumlah rumah sakit bagi masyarakat Purbalingga.

Menurut dia, data ketersediaan kamar kosong di masing-masing rumah sakit akan selalu diperbarui setiap ada kamar yang kosong.

”Masyarakat yang akan menggunakan sistem ini dapat mengunduh aplikasi ER-RS (Emty Room-Rumah Sakit) melalui play store pada telepon seluler berbasis Android,” ujarnya. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Suara Ledakan di Terminal Kampung Melayu Terdengar Hingga 1 Kilometer

Suara Ledakan di Terminal Kampung Melayu Terdengar Hingga 1 Kilometer

Jakarta – Terdapat dua suara ledakan keras pada jeda waktu yang tidak terlalu jauh terjadi ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis