Home > Ragam Berita > Nasional > Pesan Dibalik Hukuman 10 Tahun Penjara OC Kaligis

Pesan Dibalik Hukuman 10 Tahun Penjara OC Kaligis

Jakarta – Pengacara kondang OC Kaligis dijatuhi hukuman 10 tahun penjara oleh Mahkamah Agung (MA) setelah terbukti bersalah melakukan penyuapan terhadap Ketua PTUN Medan Tripeni Irianto Putra.

Pesan Dibalik Hukuman 10 Tahun Penjara OC Kaligis

Menurut Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Laode M Syarif, hukuman 10 tahun penjara yang diterima oleh OC Kaligis ini sekaligus sebagai peringatan kepada pengacara lain bahwa profesi pengacara juga sebagai penegak hukum yang harus memberikan contoh yang baik juga kepada masyarakat.

“Ini sebenarnya pesan bagi para pengacara dan lain bahwa advokat itu dia juga penegak hukum. Jadi, harus berikan contoh pada yang lain,” kata Syarif di Gedung KPK, Jalan HR Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (11/8/2016).

Karena itu, Laode M Syarif berharap agar dengan kasus ini pengacara yang lainnya dapat bekerja menegakkan hukum tanpa melakukan perbuatan melanggar hukum.

“Sehingga, diharapkan dengan keputusan ini juga bisa lebih hati-hati bagi pengacara lain,” tegas dia.

Seperti diketahui, pada persidangan MA dengan Ketua Majelis Hakim Agung Artidjo Alkostar serta anggota Hakim Agung Abdul Latief dan Krisna Harahap, pada Rabu (10/8/2016), memvonis OC Kaligis dengan hukuman 10 tahun penjara dan denda Rp 500 juta subsider enam bulan penjara. Hukuman ini justru lebih berat dari tuntutan hakim di tingkat banding yang menghukum OC Kaligis dengan 7 tahun penjara.
(Samsul Arifin)

x

Check Also

Ketua MPR Yakin Pemerintah Konsisten Tunda Pembahasan RUU Pertembakauan

Ketua MPR Yakin Pemerintah Konsisten Tunda Pembahasan RUU Pertembakauan

Jakarta – Presiden Joko Widodo dikabarkan menunda pembahasan Rancangan Undang-Undang tentang Pertembakauan. Itu disampaikan saat ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis