Home > Ragam Berita > Nasional > PLN Gelar Program Pemasangan Meteran Gratis di HUT RI Ke 71

PLN Gelar Program Pemasangan Meteran Gratis di HUT RI Ke 71

Jakarta – Biaya pemasangan meteran baru bagi masyarakat tidak mampu rencananya akan digratiskan oleh PT Perusahaan Listrik Negara (Persero). Hal tersebut dilakukan untuk memperingati hari kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-71.

PLN Gelar Program Pemasangan Meteran Gratis di HUT RI Ke 71

Program pemasangan meteran listrik gratis tersebut rencananya akan dinikmati hingga 2.000 rumah tangga miskin di seluruh Indonesia.

“Kami akan membebaskan biaya meteran atau biaya penyambungan untuk masyarakat miskin yang tidak mampu,” ujar Direktur Utama PLN, Sofyan Basir di Kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Jumat (12/8/2016).

Walaupun tidak menyebutkan secara rinci klasifikasi rumah tangga miskin seperti apa yang dimaksudkan, namun program tersebut diyakini akan mendukung peningkatan dan pemerataan eletrifikasi nasional.

Wacana menggratiskan biaya pemasangan meteran listrik ini pun bukannya tanpa alasan, menurut Sofyan, masyarakat dalam kategori miskin umumnya tidak mampu membayar biaya pemasangan listrik, mereka hanya mampu membayar listrik perbulan di kisaran Rp 25.000.

“Kalau bayar listrik Rp 25.000 per bulan mereka mampu, tapi untuk biaya pemasangan meteran Rp 450.000 ribu sampai Rp 600.000 banyak yang tidak sanggup,” ungkap Sofyan.

Sebagai informasi tambahan, berdasarkan data Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) rasio eletrifikasi Indonesia saat ini sebesar 90,15 persen. Pada 2017 ditargetkan mencapai 92,75 persen dan hingga 2019 ditargetkan mencapai 97,35 persen. (Yayan – harianindo.com)

x

Check Also

SBY Ingin Masyarakat di Indonesia Tidak Mudah Cengeng

SBY Ingin Masyarakat di Indonesia Tidak Mudah Cengeng

Jakarta – Pada hari selasa (15/08/2017) kemarin Presiden kelima RI, Susilo Bambang Yudhoyono alias SBY ...