Home > Gaya Hidup > Kesehatan > Tips Menjaga Kadar Gula Darah

Tips Menjaga Kadar Gula Darah

Jakarta – Mengatur pola makan Anda merupakan salah satu cara penting utnuk menjaga kadar gula darah dalam tubuh agar tidak menimbulkan berbagai macam penyakit.

Tips Menjaga Kadar Gula Darah

dr. Ida Gunawan, MS, Sp.GK, pengajar program S2 dan PPDS Gizi Klinik FKUI pun memberikan beberapa saran untuk menjaga pola makan agar kadar gula darah dapat tetap terkontrol.

Saran pertama adalah memilih makanan yang tinggi serat, namun dengan Indeks Glikemik rendah, seperti makanan biji-bijian. Beras adalah salah satu contohnya.

“Tapi bukan beras putih ya, tapi beras berwarna seperti beras merah atau beras coklat. Beras putih lebih didominasi karbohidrat,” ujarnya dalam seminar kampanye Indonesia Lawan Diabetes, di Jakarta, Sabtu (13/8/2016).

Saran kedua, konsumsi protein yang mengandung sedikit lemak juga penting. Ditambah lagi kacang-kacangan yang baik bagi tubuh, seperti kedelai tanah. Baiknya, konsumsi kacang-kacangan satu genggam tangan setiap hari.

Namun, dr. Ida menyarankan untuk tidak memakan kacang-kacangan yang diolah dengan cara digoreng karena menambah lemak jenuh dan lemak trans.

Ia juga menyarankan untuk hindari makanan kaleng atau mengandung pengawet karena memiliki kandungan garam yang tinggi.

“Baiknya dalam satu hari, asupan garam cukup 1 sendok teh, smeentara untuk lemak 5 sendok makan, dan gula 4 sendok makan,” tambah dr. Sigit Priohutomo, MPH, Deputi Bidang Koordinasi Peningkatan Kesehatan Kemenko PMK, pada kesempatan yang sama.

Jumlah makanan juga perlu diperhatikan, yaitu sedikit namun sering. Lalu, bagaimana cara mengukur porsi makan yang tepat bagi penderita diabetes?

“Berat badan ideal (IBW) dapat diukur dengan cara tinggi badan dikurang 100 kemudian dikalikan 90 persen,” imbuh dr. Ida.

Namun, untuk pria yang dengan tinggi badan di bawah 160 cm dan wanita dengan tinggi badan 150 cm, cukup dengan tinggi badan dikurangi 100 saja.

Sementara itu, untuk mengukur jumlah kalori yang dibutuhkan oleh tubuh adalah dengan cara IBD dikalikan 30 kkal (untuk pria) atau 25 kkal (untuk wanita).

Yang terakhir, dr. Ida menyarankan untuk melakukan penimbangan berat badan secara teratur, setidaknya satu atau dua minggu sekali, untuk bisa memantau dan mewaspadai gejala diabetes di mana salah satunya adalah kenaikan berat badan. (Yayan – harianindo.com)

x

Check Also

Beberapa Cara Sederhana Untuk Hindari Difteri Yang Sedang Mewabah

Beberapa Cara Sederhana Untuk Hindari Difteri Yang Sedang Mewabah

Jakarta – Difteri akhir-akhir ini sudah menjadi wabah yang sangat bahaya di Indonesia. Difteri (diphteria) ...