Home > Ragam Berita > Nasional > Diduga Bawa Narkoba, Calon Haji Asal Madura Ditangkap BNN Arab Saudi

Diduga Bawa Narkoba, Calon Haji Asal Madura Ditangkap BNN Arab Saudi

Makkah – Seorang jamaah calon haji Indonesia asal Madura harus berurusan dengan pihak Badan Narkotika Arab Saudi karena diduga membawa narkoba pada Kamis (11/8/2016) waktu setempat. Hingga kini proses hukum yang diambil oleh pemerintah Indonesia untuk mendampinginya masih berlanjut.

Diduga Bawa Narkoba, Calon Haji Asal Madura Ditangkap BNN Arab Saudi

“Yang bersangkutan masih ditahan di kantor BNN Madinah, kita mau dekati badan investigasi umum untuk menyakinkan bahwa dia atas ketidaktahuannya menerima barang titipan dimaksud, kami harap Pemerintah Arab Saudi dapat memahami hal ini,” jelas Koordinator Pelayanan Warga Konsulat Jenderal RI (KJRI) Jeddah sekaligus acting Konjen, Dicky Yunus, Minggu (14/08/2016).

Sebelumnya, tim negosiator dari pemerintah telah membuat surat penjaminan bagi AMT (50) yang diterbitkan oleh KJRI Jeddah. Hingga kini hasil laboratorium soal kandungan jamu yang dibawa oleh AMT ini belum keluar.

“Kita juga mau tahu apa hukumannya. Tapi kita juga berharap tidak dikenakan hukuman setempat. Yang paling pahit yang bersangkutan dideportasi ke Indonesia,” terang Dicky.

AMT yang pada saat tiba di Bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz (AMAA) Madinah pada Rabu (10/8/2016) tergabung dalam Kloter SUB 3 bersama 442 jamaah calon haji lainnya.

Pada saat melewati proses imigras pada Kamis (11/8/2016) pukul 00.10 waktu setempat koper bawaan milik AMT tertahan dan diperiksa secara intensif oleh petugas imigrasi bandara.

Saat dibuka ternyata koper berisi jamu tradisional dan “jimat rajah” yang sudah dikemas secara rapi dalam kemasan tertutup.

Saat petugas BIN Bandara AMAA Madinah melakukan pemeriksaan terhadap AMT dan barang bawaannnya maka dapat disimpulkan bahwa barang yang di bawah oleh AMT tersebut tergolong narkotika.
(Samsul Arifin)

x

Check Also

JK Menilai Pidato "Pribumi" Anies Tak Diskriminatif

JK Menilai Pidato “Pribumi” Anies Tak Diskriminatif

Jakarta – Jika Presiden Jokowi enggan menanggapi perihal pidato Anies, berbeda dengan Wakil Presiden Jusuf ...