Home > Olahraga > Balap > Inilah Prestasi Esteban Ocon Pengganti Rio Haryanto di Manor

Inilah Prestasi Esteban Ocon Pengganti Rio Haryanto di Manor

Banbury – Pebalap FI Esteban Ocon (19) baru saja didaulat Manor Racing untuk menggantikan posisi yang ditinggal oleh Rio Haryanto. Tetapi seperti apakah kiprah dari Ocon pada ajang Grand Prix (GP)?

Inilah Prestasi Esteban Ocon Pengganti Rio Haryanto di Manor

Apabila tolak ukur Manor menunjuk Ocon sebagai pembalap utama tim adalah prestasi, maka Rio Haryanto sebetulnya perlu dipertahankan. Pasalnya, secara prestasi Rio telah berhasil menunjukkan bakat di lintasan balap.

Rio mampu finish di posisi keempat pada kejuaraan dunia GP2 Series 2015, dimana Pembalap Indonesia itu merebut lima podium, termasuk tiga kemenangan di GP Bahrain, Austria dan Inggris. Sementara di ajang Formula 1, Rio masih beradaptasi dengan sembilan kali finish dari 12 balapan.

Apabila dibandingkan dengan Ocon, pembalap 19 tahun asal Prancis belum sekalipun menjajal atmosfer balap F1. Debutnya akan berlangsung akhir bulan ini bersama Manor Racing di GP Belgia.

Sebelumnya, Ocon bahkan tidak tampil pada GP 2 Series. Dia lebih memilih tampil di FIA European Formula 3 Championship (Kejuaraan Formula 3 Eropa) pada 2014. Bersama Prema Powerteam, saat itu dia berhasil merebut juara umum.

Esteban Ocon adalah pembalap cadangan tim Renault di F1 musim 2016 ini. Dia dipinjamkan ke tim Manor oleh Mercedes dan telah berpartisipasi dalam empat sesi latihan bebas.

Ocon merupakan pembalap cadangan tim Mercedes di DTM 2015, dan tahun ini ia resmi debut di DTM pada final Hockenheim, menggantikan Daniel Juncadella yang sakit.

Karena belum pernah menjajal atmosfer balap GP2 Series, Ocon harus banyak berlatih dengan atmosfer balap F1. Pasalnya, GP2 Series biasanya merupakan jembatan pembalap muda untuk tampil di kasta tertinggi grand prix F1. (Yayan – harianindo.com)

x

Check Also

Pedrosa Tegaskan Ingin Berkonsentrasi di Sisa Musim Ini

Pedrosa Tegaskan Ingin Berkonsentrasi di Sisa Musim Ini

Motegi – Dani Pedrosa telah berkecimpung selama 11 tahun di dunia MotoGP. Namun, pembalap Repsol ...