Home > Gaya Hidup > Tips > Tips Meningkatkan Konsentrasi

Tips Meningkatkan Konsentrasi

Jakarta – Jika Anda merupakan tipikal pribadi yang selalu menoleh ke ponsel meski sedang mengerjakan sebuah pekerjaan, itu artinya Anda dalah orang yang sulit berkonsentrasi.

Tips Meningkatkan Konsentrasi

Berikut kami hadirkan tips sederhana untuk bisa lebih fokus ke pekerjaan Anda tanpa terdistraksi seperti dilansir dari metrotvnews.com, Minggu (14/8/2016):

1. Istirahat

Sempatkan waktu untuk beristirahat sejenak, misal 15 menit, setelah Anda berkutat cukup lama di depan layar komputer. Jangan lupa minum air putih agar tubuh segar kembali.

2. Matikan ponsel

Telepon atau pesan dari ponsel dapat mengganggu pekerjaan yang sedang Anda lakukan. Sebuah studi dari Florida menemukan, mereka yang menerima pesan atau telepon kemungkinan besar membuat kesalahan saat sedang mengerjakan pekerjaan yang berhubungan dengan komputer.

3. Melakukan banyak pekerjaan

Melakukan beberapa pekerjaan sekaligus, seperti makan malam, menonton TV, dan mengerjakan laporan membuat konsentrasi tidak fokus. Sebuah studi tahun 2010 dalam Science mengungkapkan bahwa otak tak bisa menangani lebih dari dua pekerjaan sekaligus. Bagian otak yang disebut korteks prefontal medial hanya bisa menangani dua tugas, tak lebih.

4. Penuh dengan kesadaran

Saat tidak melakukan banyak pekerjaan, cobalah untuk melakukan beberapa hal santai seperti mengambil napas dalam-dalam dan konsentrasi pada ritme tersebut. Teknik tersebut dapat meningkatkan kinerja mental, serta memberi ketenangan sehingga pikiran agar tidak bercabang. (Yayan – harianindo.com)

x

Check Also

Tips Mendapatkan Kebugaran Seperti Pemain Sepakbola

Tips Mendapatkan Kebugaran Seperti Pemain Sepakbola

Jakarta – Siapa yang tak ingin memiliki stamina para pemain sepak bola? seperti yang kita ...