Home > Travel & Kuliner > Kuliner > Serabi Durian, Jajanan Khas Bandung yang Sangat Kezat

Serabi Durian, Jajanan Khas Bandung yang Sangat Kezat

Bandung – Serabi, atau yang juga dikenal dengan nama surabi, merupakan sebuah jajanan tradisional yang memang khas Indonesia. Dalam perkembangannya, ada dua jenis serabi, yakni serabi manis yang menggunakan kinca, dan serabi asin yang ditaburi dengan oncom berbumbu di atasnya.

Serabi Durian, Jajanan Khas Bandung yang Sangat Kezat

Seiring dengan perkembangan zaman, resep serabi pun terus dikembangkan menjadi berbagai macam rasa, mulai buah-buahan sampai yang menggunakan sosis, mayones, dan keju.

Anda penasaran untuk membuat di rumah? Berikut ini resep dan cara membuatnya

Bahan:
300 gr tepung terigu serbaguna, diayak terlebih dahulu
600 ml santan kental dari 1 butir kelapa parut
25 ml air daun suji
2 btr telur ayam, kocok lepas
2 sdm minyak sayur
1 sdt garam
½ sdt baking powder

Saus:
250 gr buah durian
200 gr gula merah sisir
600 ml santan encer dari 1 butir kelapa parut
1 sdm gula pasir
½ sdt garam
4 lbr daun pandan, potong-potong

Bahan Pelengkap:
100 gr pacar cina-5 bh pisang kapok kukus

Cara membuat:
1. Masak sebuah bahan saus dengan api sedang. Aduk perlahan sampai mendidih, jaga agar santan tidak pecah. Masak terus hingga gula sepenuhnya larut dalam adonan. Angkat, lalu sisihkan.
2. Campurkan tepung terigu, garam, dan baking powder secara merata. Tambahkan telur yang telah dikocok serta 400ml santan, lalu aduk rata.
3. Tepuk-tepuk adonan selama sekitar 20 menit, hingga terasa licin dan ringan. Kemudian, masukkan perlahan-lahan sisa santan yang ada, sambil diaduk rata.
4. Bagi adonan tadi menjadi 2 bagian, satu bagian biarkan berwarna putih, sisanya dicampur dengan air daun suji, aduk hingga rata. Diamkan kurang lebih 20 menit sampai adonan terlihat berongga, sisihkan.
5. Siapkan wajan kecil namun memiliki dasar yang tebal, atau bila ada, wajan tanah liat. Panaskan wajan di atas api sedang, dan bila sudah benar-benar panas, olesi minyak sayur.
6. Tuang 1 sendok sayur (kurang lebih 50 ml) adonan ke dalam wajan yang panas tadi. Masak hingga adonan terlihat berlubang-lubang mulai dari bagian tepi, dengan lubang yang semakin banyak. Tutup wajan tadi, biarkan adonaan hingga matang. Ulangi proses ini sampai adonan habis.
7 Untuk penyajiannya, taruh serabi di dalam mangkuk, taburi pacar cina, pisang yang sudah dipotong kecil-kecil, lalu siramkan saus durian. Sajikan selagi hangat. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Resep Tumis Sayur Kailan Praktis

Resep Tumis Sayur Kailan Praktis

Jakarta – Tumis sayur memang merupakan masakan yang enak dan mudah dibuat. Ini juga merupakan ...