Home > Ragam Berita > Nasional > Pemerintah Harus Segera Selesaikan Kewarganegaraan Ganda Arcandra

Pemerintah Harus Segera Selesaikan Kewarganegaraan Ganda Arcandra

Jakarta – Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Arcandra Tahar diduga memiliki kewarganegaraan ganda. Hal tersebut pun membikin heboh tanah air. Karena itu, Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah menegaskan pemerintah harus segera menyelesaikan status kewarganegaraan ganda tersebut.

Pemerintah Harus Segera Selesaikan Kewarganegaraan Ganda Arcandra

”Harus ada klarifikasi (dari pemerintah) karena mengangkat menteri tidak boleh sembarangan,” katanya di Jakarta pada Senin (15/6/2016).

”Misalnya bagaimana klarifikasi dari Badan Intelijen Negara (BIN), harus dilihat rekam jejaknya apakah dari lahir pernah tidak loyal kepada Indonesia atau pernah atau tidak melakukan tindakan yang mengancam NKRI,” ujarnya.

Dia mengatakan bahwa kalau Arcandra benar memiliki dua kewarganegaraan maka Presiden harus memberhentikan dia.

Pada Sabtu (13/8/2016), muncul pesan berantai yang menyebut Arcandra sebagai warga negara Amerika Serikat melalui proses naturalisasi pada Maret 2012.

Namun Arcandra menegaskan bahwa dia masih memegang paspor Indonesia.

”Saya orang Padang asli. Istri saya juga orang Padang asli. Lahir dan besar di Padang, cuma kuliah S-2 dan S-3 di Amerika,” kata Arcandra.

Dia mengaku pergi ke Amerika tahun 1996 namun sampai saat sekarang dia masih memegang paspor Indonesia yang masih valid. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Miko Panji Tirtayasa Laporkan Novel Baswedan ke Polisi, Apa Masalahnya ?

Miko Panji Tirtayasa Laporkan Novel Baswedan ke Polisi, Apa Masalahnya ?

Jakarta – Miko alias Miko Panji Tirtayasa melaporkan penyidik KPK Novel Baswedan atas dugaan tindak ...