Home > Ragam Berita > Nasional > Pemda Diminta Berkomitmen dengan Program Kampung Siaga Bencana

Pemda Diminta Berkomitmen dengan Program Kampung Siaga Bencana

Surabaya – Pemda diminta untuk berkomitmen menjalankan program Mensos. Yakni, Kampung Siaga Bencana. Mereka diharap mengalokasikan anggaran yang diambil dari APBD. Hal tersebut diungkapkan Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa.

Pemda Diminta Berkomitmen dengan Program Kampung Siaga Bencana

”Bila ada komitmen alokasi dana dari APBD, setiap program pemerintah termasuk Kampung Siaga Bencana akan dapat terkawal dan terealisasi,” ujarnya di Surabaya pada Minggu (14/8/2016).

Khofifah mengatakan Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana menyatakan penanggulangan bencana yang terjadi merupakan tanggung jawab bupati/wali kota setempat.

Pemerintah pusat, dikemukakannya, dapat memberikan bantuan sesuai dengan tugas dan fungsi masing-masing.

”Misalnya, Kementerian Sosial memiliki tugas dan fungsi dalam menangani pengungsi dan menyediakan dapur umum,” ujarnya.

Menurut Khofifah, prosedur standar operasional bila terjadi bencana adalah pemerintah daerah dapat mencairkan 100 ton beras dari cadangan beras pemerintah yang harus sudah dipersiapkan dalam APBD sesuai dengan pemetaan bencana yang dilakukan daerah.

Bila daerah rawan bencana yang dipetakan melewati batas-batas wilayah kabupaten/kota, ditambahkannya, maka penanggulangan bencana juga menjadi tanggung jawab gubernur dan pemerintah provinsi harus menyiapkan anggaran dalam APBD. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Rois Syuriah MWCNU Tamansari Bimbing Seorang Pria Memeluk Islam

Rois Syuriah MWCNU Tamansari Bimbing Seorang Pria Memeluk Islam

Tasikmalaya – Pria berusia 24 tahun bernama Yusan mendatangi Masjid Nurul Iman Ciharashas yang berada ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis