Washington – Ilmuwan kembali menemukan sebuah obyek angkasa. Berdasar informasi, objek tersebut tidak mempunyai orbit yang wajar. Yakni, putarannya berlawanan dengan tata surya. Nah, tampak seperti mobil yang melaju dari dua arah berlawanan.

Wow, Planet Ini Memiliki Orbit yang Berbeda

Sebagaimana diketahui, di dalam sistem tata surya, benda-benda di sekitarnya memiliki jalur orbit yang memiliki arah yang sama. Namun benda berukuran diameter 125 mil yang dekat dengan Neptunus tersebut memiliki arah yang berbeda.

Karena dianggap sebagai pemberontakan dari kebiasaan orbit, objek tersebut lantas diberi nama Niku yang berarti Pemberontak dalam bahasa China.

Sebagaimana diberitakan Huffington Post pada Senin (15/8/2016), Niku ditemukan melalui Pan-STARRS di Hawaii, yang merupakan sebuah teleskop dan kamera yang diciptakan untuk mendeteksi benda luar angkasa dari Bumi.

Meskipun begitu, ilmuwan sendiri masih belum mengetahui penyebab dari berbedanya jalur orbit yang dimiliki oleh Niku. “Mekanisme yang masih belum diketahui dibutuhkan untuk menjelaskan peredaran dari objek tersebut,” kata salah seorang peneliti.

Sedangkan menurut astrofisikawan bernama Matthew Holman mengatakan hal itu menunjukkan terdapat hal lain di luar angkasa yang masih belum diketahui. (Tita Yanuantari – www.harianindo.com)