Home > Gaya Hidup > Kesehatan > 5 Manfaat Serai Bagi Kesehatan Tubuh Anda

5 Manfaat Serai Bagi Kesehatan Tubuh Anda

Jakarta – Indonesia adalah salah satu negara yang memiliki beragam rempah sehat buat kesehatan. Salah satu rempah yang paling sering digunakan di Indonesia adalah daun serai.

5 Manfaat Serai Bagi Kesehatan Tubuh Anda

Daun serai tidak hanya bisa membuat masakan menjadi makin harum dan enak saja. Lebih jauh, serai juga merupakan salah satu rempah alami yang kaya akan manfaat buat kesehatan. Para ahli juga mengungkapkan bahwa serai bisa menjadi obat yang mujarab buat beberapa penyakit. Berikut manfaat serai bagi kesehatan Anda seperti dilansir dari vemale.com, Senin (15/8/2016):

Menyehatkan Sistem Pencernaan

Untuk manfaat pertama dari serai adalah untuk menyehatkan sistem pencernaan. Peneliti menemukan bahwa di dalam serai terkandung senyawa yang bisa membuat sistem pencernaan makin sehat. Senyawa ini dikatakan mampu menjadi antiseptik yang efektif membunuh bakteri jahat dalam sistem pencernaan dan menjadikan sistem pencernaan selalu sehat. Tak hanya menjaga menyehatkan sistem pencernaan, serai juga bantu mengatasi sembelit, kejang perut, diare, muntah, kram, mulas maupun diare.

Menurunkan Kolesterol

Sebuah study yang dilakukan di University of Wiconsin ditemukan bahwa kolesterol berlebih pada tubuh bisa diatasi dengan serai. Di dalam serai, terkandung senyawa anti kolesterol yang bisa bantu menurunkan kolesterol dan membuatnya selalu dalam kondisi stabil. Kandungan kalium yang tinggi dalam serai tak hanya bantu menurunkan kolesterol saja. Lebih jauh, ia juga bantu menurunkan tekanan darah dalam tubuh.

Mengobati Flu dan Pilek

Untuk manfaat selanjutnya dari serai adalah sebagai obat flu dan pilek. Aroma serai yang wangi dan kandungan nutrisinya yang sangat mengesankan menjadikan serai sangat baik dalam mengobati flu dan pilek. Tak hanya itu saja, serai juga dikatakan mampu membuat sistem pernafasan menjadi lebih sehat. Ia juga bisa mengobati masalah asma dan bronkitis.

Mencegah Kanker

Manfaat berikutnya dari serai adalah sebagai minuman herbal yang bisa mencegah kanker. Penelitian yang dilakukan di Universitas Ben Gurion di Israel menemukan bahwa teh serai bisa melawan dan mencegah risiko kanker. Nutrisi yang terkandung di dalam serai dipercaya mampu membunuh sel kanker dalam tubuh. Studi yang dipublikasikan di Journal Fundamentals of Clinical Pharmacology menyebutkan bahwa nutrisi yang terkandung di dalam serai sangat ahli dalam mencegah risiko kanker payudara dan membunuh sel kanker payudara dengan sangat baik.

Mengatasi Stres

Manfaat mengagumkan dari serai yang kelima adalah teh serai bisa mengatasi masalah stres. Aroma wangi dari serai dipercaya bisa menjadi antidepresan yang sangat baik dalam mengatasi dan mencegah masalah stres, pikiran kurang bahagia hingga depresi. Bila kamu sering kali mengalami perasaan cemas, depresi atau stres, tak ada salahnya untuk segera minum secangkir teh serai hangat. (Yayan – harianindo.com)

x

Check Also

Hati-hati, Stres Bisa Mempengaruhi Kesehatan Jantung

Hati-hati, Stres Bisa Mempengaruhi Kesehatan Jantung

Jakarta- Stres sering dianggap sebagai masalah sepele yang tidak terlalu membahayakan kesehatan. Namun, stres ternyata ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis