Home > Ragam Berita > Nasional > Terkait Archandra Tahar, Komisi I DPR Sebut Istana Ceroboh

Terkait Archandra Tahar, Komisi I DPR Sebut Istana Ceroboh

Jakarta – Komis I DPR yang membidangi hubungan internasional memberikan apresiasi kepada Presiden Joko Widodo yang memutuskan untuk memberhentikan dengan hormat Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Archandra Tahar karena memiliki dua paspor, yakni paspor Indonesia dan Amerika Serikat.

Terkait Archandra Tahar, Komisi I DPR Sebut Istana Ceroboh

“Yang pertama, saya apresiasi Pak Presiden. Dengan gentle dia mencopot Arcandra Tahar. Ini harus diapresiasi,” kata Ketua Komisi I DPR Abdul Kharis Almasyhari saat berbincang, Selasa (16/8/2016).

Terkait bagaimana status kewarganegaraan dari Archandra, Abdul Kharis menyerahkan kepada Kementerian Hukum dan HAM. Namun dalam sepengetahuannya, Archandra Tahar tercatat sebagai warga negara Indonesia (WNI) di KJRI Houston, Texas, AS, tempat Archandra bermukim.

“Saya sudah cek ke Bu Menteri Luar Negeri (Retno Lestari Priansari Marsudi) kemarin, Arcandra ini memang tercatat sebagai WNI di KJRI Houston,” kata Kharis.

Soal lolosnya nama Archandra Tahar dalam seleksi menteri hingga pengangkatannya sebagai Menteri ESDM, Abdul Kharis menilai hal ini merupakan kecerobohan dari para pembantu Presiden yang kurang cermat dalam meneliti data seseorang hingga bisa diangkat menjadi menteri.

“Ini semestinya tidak boleh terjadi. Memalukan sekali. Jangan sampai terulang kembali,” kata Kharis.
(Samsul Arifin)

x

Check Also

Sandiaga Uno Sebut Jumlah Penerima KJP Terlalu Banyak

Sandiaga Uno Sebut Jumlah Penerima KJP Terlalu Banyak

Jakarta – Wakil Gubernur Jakarta, Sandiaga Uno, menilai selama ini penyebaran Kartu Jakarta Pintar (KJP) ...