Home > Ragam Berita > Nasional > Archandra Tahar Jadi Menteri Yang Paling Singkat Menjabat

Archandra Tahar Jadi Menteri Yang Paling Singkat Menjabat

Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) memutuskan untuk memberhentikan dengan hormat baru saja memberhentikan dengan hormat Arcandra Tahar, sebagai Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral pada Senin (15/8/2016) malam.

Archandra Tahar Jadi Menteri Yang Paling Singkat Menjabat

Dengan pencopotan Archandra ini menjadikannya sebagai menteri yang paling singkat menjabat, yakni hanya 20 hari terhitung dari diumumkan namanya oleh Presiden Jokowi sebagai Menteri ESDM yang baru menggantikan Sudirman Said pada 27 Juli 2016.

Setelah 18 hari Archandra menjabat sebagai menteri timbul kemudian polemik terkait status kewarganegaraannya dan kepemilikan dua paspor yang ia pegang yakni paspor Indonesia dan paspor Amerika Serikat.

Masalah ini kemudian berujung dengan pencopotan Archandra sebagai Menteri ESDM.

Sebelumnya pada tahun 2001, Mahfus MD pernah menjabat posisi sebagai Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia pada 20 Juli 2001 saat Presiden Abdurrahman Wahid menjabat. Namun posisi ini tidak bertahan lama karena pada 9 Agustus 2001 ia meletakkan jabatannya saat pemerintahan berganti ke tangan Presiden Megawati Soekarnoputri, untuk kemudian digantikan oleh Yusril Ihza Mahendra.

Rizal Ramli juga pernah menjabat posisi sebagai menteri dalam waktu yang tidak lama. Dia diangkat sebagai Menteri Keuangan oleh Presiden Abdurrahman Wahid pada 12 Juni 2001, namun kemudian oleh Presiden Megawati Sokarnoputri posisinya digantikan oleh Boediono pada 9 Agustus 2001.
(Samsul Arifin)

x

Check Also

Fadli Zon Kritik Cara Pemerintah Bubarkan Ormas

Fadli Zon Kritik Cara Pemerintah Bubarkan Ormas

Jakarta – Wakil Ketua DPR RI, Fadli Zon mengeritik pencabutan status badan hukum Hizbut Tahrir ...