Home > Ragam Berita > Nasional > Fadli Zon : Pilih Menteri Itu Harus Selektif dan Memenuhi Syarat

Fadli Zon : Pilih Menteri Itu Harus Selektif dan Memenuhi Syarat

Jakarta – Beberapa waktu ini, tanah air dihebohkan dengan fenomena menteri yang memiliki kewarganegaraan ganda. Nah, hal tersebut menjadi pembicaraan banyak orang. Tidak terkecuali Wakil Ketua DPR Fadli Zon.

Fadli Zon : Pilih Menteri Itu Harus Selektif dan Memenuhi Syarat

Dia mengungkapkan, seorang menteri benar-benar harus diseleksi. Pemelihannya harus selektif. Para calon pun harus memenuhi syarat-syarat. Antara lain, status pendidikan dan status kewarganegaraan.

”Seharusnya ini tidak perlu terjadi di dalam rekrutmen terhadap seorang menteri tentu ada syarat-syarat yang harus di penuhi,” katanya pada Selasa (16/8/2016).

Hal itu dikatakan terkait diberhentikannya Arcandra Tahar sebagai Menteri ESDM.

Dia menilai seorang calon menteri sebelum diangkat, harus diteliti dengan cermat semua latar belakangnya menyangkut pendidikan dan status kewarganegaraan.

”Archandra menjadi korban, saudara Arcandra putra Indonesia yang berada di luar negeri yang mempunyai keahlian yang kita butuhkan,” ujarnya.

Menurut dia, pengecekan latar belakang calon menteri merupakan hal paling mendasar yang harus dilakukan pemerintah. Dia menilai, kalau hal elementer tidak dilakukan pemerintah, lalu bagaimana hal-hal yang lebih substansial.

”Jadi saya kira harus ada evaluasi kepada sistem pemerintahan sekarang ini termasuk di dalam rekrutmen,” ujarnya.

x

Check Also

Terkait Isu Kebangkitan PKI, Inilah Tanggapan Yasonna

Terkait Isu Kebangkitan PKI, Inilah Tanggapan Yasonna

Jakarta – Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Yasonna Laoly terheran-heran karena kegaduhan akibat isu ...