Home > Ragam Berita > Nasional > Full Day School Telah Diterapkan Dua SD di Aceh

Full Day School Telah Diterapkan Dua SD di Aceh

Meulaboh – Beberapa waktu lalu, wacara full day school baru saja di dilontarkan. Kini program tersebut telah digunakan dua sekolah dasar (SD) di Kabupaten Aceh Barat, Provinsi Aceh. Pihak sekolah pun menjelaskan, program tersebut sangat efektif untuk meningkatkan mutu.

Full Day School Telah Diterapkan Dua SD di Aceh

Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Aceh Barat Zulkarnaini, di Meulaboh, Senin, mengatakan, sekolah full day school itu yakni SD percontohan dan SDN 14 Meulaboh, kedua sekolah ini menerapkan sistem proses belajar mengajar (PBM) sepenuh hari.

”Hanya saja selama ini belum diberi nama istilah “full day school”, SD percontohan itu sudah full belajarnya dari pagi sampai sore. Tapi untuk SDN 14 telah kita panggil kepala sekolah dan pengawas untuk kita dengarkan apa sudah melakukan sosialisasi ke orangtua anak didik,” katanya.

Zulkarnaini menilai, penerapan belajar sepenuh hari tersebut sangat tepat dilaksanakan pada semua jenjang pendidikan di daerah itu untuk membangun karakter serta pengawasan lebih dari sekolah terhadap anak didik, ketimbang membiarkan anak didik tinggal di rumah.

Hal tersebut juga menyikapi rencana Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) RI Muhadjir Effendy menggagas sistem full day school untuk jenjang pendidikan SD-SMP di Indonesia.

”Kita pasti akan menerapkan itu, mungkin sebagai pilot projek adalah beberapa sekolah seputar kota Meulaboh dulu. Mengenai tenaga pengajar kita cukup, malahan banyak guru juga masih membutuhkan jam tambahan di sekolah lain untuk pencapaian jam mengajar sertifikasi,”jelasnya. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Reklamasi Bakal Dihentikan Anies-Sandi, Luhut : Asal Sesuai Aturan

Reklamasi Bakal Dihentikan Anies-Sandi, Luhut : Asal Sesuai Aturan

Jakarta – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan mempersilakan Gubernur dan Wakil Gubernur DKI ...