Home > Ragam Berita > Nasional > BPJS-TK Batam Cairkan Klaim Rp 178 miliar Sepanjang Januari-Juni 2016

BPJS-TK Batam Cairkan Klaim Rp 178 miliar Sepanjang Januari-Juni 2016

Batam – Sudah menjadi kewaiban Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan untuk membayarkan klaim. Nah, sepanjang Januari-juni 2016, Cabang Batam I telah mencairkan klaim dengan jumlah yang cukup besar. Yakni, Rp 178,315 miliar. Dana klaim tersebut diberikan kepada 25.029 tenaga kerja dan ahli warisnya.

BPJS-TK Batam Cairkan Klaim Rp 178 miliar Sepanjang Januari-Juni 2016

Kepala Cabang BPJS Ketenagakerjaan Batam-Nagoya, Achmad Faroni di Batam Kepulauan Riau, Senin, menyatakan klaim sebesar itu termasuk untuk jaminan kecelakaan kerja sebesar Rp7,859 miliar, jaminan hari tua Rp168,99 miliar, jaminan kematian Rp1,423 miliar dan jaminan pensiun Rp41 juta.

Dia mengatakan pembayaran klaim itu menandakan kehadiran negara di tengah masyarakat yang mengalami masalah di tempat kerja.

”Negara memastikan kelanjutan kehidupan, bukan membeli nyawa dan kecacatan,” kata pria yang akrab disapa Roni.

Di tempat yang sama, Manajer Kasus Kecelakaan Kerja dan Penyakit akibat Kerja BPJS Ketenagakerjaan Batam, Vernadeca Sitorus menyatakan pembayaran klaim paling banyak diberikan untuk jaminan hari tua sebanyak 22.997 kasus, kemudian jaminan kecelakaan kerja sebanyak 1.879 kasus, jaminan pensiun sebanyak 79 kasus dan jaminan kematian sebanyak 74 kasus.

Ia menerangkan, sebanyak 40 persen dari kecelakaan kerja merupakan musibah lalu lintas yang terjadi saat pekerja hendak berangkat, dalam perjalanan antar pekerjaan dan ketika pulang kerja. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Sempat Diresmikan, Bagaimana Nasib OK OCE Mart Sekarang ?

Sempat Diresmikan, Bagaimana Nasib OK OCE Mart Sekarang ?

Jakarta – OK OCE Mart pertama kali di Jakarta berada di Jalan Cikajang, Jakarta Selatan, ...