Home > Ragam Berita > Nasional > Menkumham Berjanji Selesaikan Kasus Kewarganegaraan Ganda Arcandra

Menkumham Berjanji Selesaikan Kasus Kewarganegaraan Ganda Arcandra

Jakarta – Beberapa waktu ini, Indonesia diramaikan dengan kasus kewarganegaraan ganda. Hal tersbeut pun menarik perharian seluruh pihak. Tidak terkecuali Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly.

Menkumham Berjanji Selesaikan Kasus Kewarganegaraan Ganda Arcandra

Dia menjelaskan, mantan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arcandra Tahar diduga memiliki kewarganegaraan ganda. Nah,, hal tersebut bakal ditindaklanjuti dan dibahas pemerintah.

”Ini kan macam-macam (isu yang berkembang), ada yang menganggap diastateless. Saya menilai kan pencabutan formal (kewarganegaraannya) belum dimasukkan dalam berita negara, tetapi sekarang sedang kami selesaikan,” kata Yasonna di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (16/18/2016).

Menurut Yasonna, hilangnya kewarganegaraan seseorang harus diformalkan melalui keputusan menteri. Dalam kasus Arcandra ini, belum ada proses pencabutan kewarganegaraan melalui surat keputusan (SK) menteri hukum dan HAM.

Karena belum ada SK pencabutan kewarganegaraan, maka Arcandra masih berstatus sebagai WNI.

Meskipun mengakui bahwa Arcandra sempat memiliki paspor AS yang sudah dikembalikan sebelum ia diangkat menjadi menteri, Yasonna menegaskan bahwa Arcandra masuk ke Indonesia menggunakan paspor Indonesia yang masih aktif.

”Kalau itu paspor (AS) saya bilang ada tetapi sudah dikembalikan. Nanti bagaimana soal penyelesaian akhir kewarganegaraan (Arcandra) kita bahas,” kata Yasonna. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Beredar Foto Bocah Kecil Ikut Demo 161 Meski Kakinya Patah

Beredar Foto Bocah Kecil Ikut Demo 161 Meski Kakinya Patah

Jakarta – Walaupun dalam kondisi tidak sehat, seorang anak asal Penjaringan, Jakarta Utara, tetap nekat ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis