Home > Ragam Berita > Internasional > Bangun Kekuatan Luar Angkasa, Tiongkok Luncurkan Satelit Komunikasi

Bangun Kekuatan Luar Angkasa, Tiongkok Luncurkan Satelit Komunikasi

Beijing – China tampaknya tidak ingin ketinggalan masalah komunikasi. Pada Selasa (16/8/2016), satelit kuantum pertama di dunia diluncurkan pemerintah. Tujuannya, satelit tersbeut dapat membantu mereka untuk berkomunikasi “anti-retas” antara luar angkasa dan daratan.

Bangun Kekuatan Luar Angkasa, Tiongkok Luncurkan Satelit Komunikasi

Program peluncuran satelit itu menjadi prioritas karena Presiden Xi Jinping sudah mendorong China membangun kekuatan luar angkasa sendiri, dan terpisah dari ambisi sipilnya, serta telah menguji misil-misil anti-satelit.

Satelit Quantum Experiments at Space Scale, atau QUESS, diluncurkan dari Pusat Peluncuran Satelit Jiuquan di Provinsi Gansu yang terletak jauh di bagian barat laut pada Selasa dini hari menurut laporan kantor berita nasional Xinhua.

”Komunikasi kuantum keamanannya yang sangat tinggi karena foton kuantum yang tidak dapat dipisahkan maupun digandakan,” sebagaimana diberitakan Xinhua.

Satelit itu akan memungkinkan komunikasi aman antara Beijing dan Urumqi, kata Xinhua, mengacu ke ibu kota wilayah Xinjiang yang rentan konflik, tempat pemerintah mengatakan mereka bertempur melawan pemberontak Muslim.

”Satelit yang baru diluncurkan menandai transisi peran China, dari pengikut perkembangan teknologi informasi klasik menjadi salah satu pemimpin yang memandu pencapaian masa depan,” Pan Jianwei, ilmuwan kepala proyek itu. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

"Demi Bisa Kabur, Militan ISIS Menyamar Jadi Perempuan"

“Demi Bisa Kabur, Militan ISIS Menyamar Jadi Perempuan”

Mosul – Sejak dikuasai oleh pihak tentara Irak pada 10 Juli 2017, Mosul menjadi kota ...