Home > Ragam Berita > Internasional > Provinsi Baghlan Jatuh ke Tangan Taliban

Provinsi Baghlan Jatuh ke Tangan Taliban

Kunduz – Taliban dikabarkan telah menguasai Afghanistan bagian utara. Tepatnya, mereka telah merebut Provinsi Baghlan. Itu adalah distrik penting di di Afghanistan. Hal tersebut terjadi setelah pertemuan menurut para pejabat, pada Senin (15/8/2016).

Provinsi Baghlan Jatuh ke Tangan Taliban

Taliban melakukan pemberontakan di negara itu dalam upaya mengusir pasukan sekutu pimpinan NATO dari Afghanistan dan menerapkan hukum syariah di negara itu.

Pertempuran meningkat di Afghanistan saat pemberontakan Taliban meluas dari markasnya di selatan dan timur negara itu hingga bagian utara yang sebelumnya damai.

Pasukan pemerintah kesulitan menghadapi pasukan Taliban walau dibantu serangan udara Amerika Serikat dan pesawat tempur Afghanistan, menyebut pemberontak lebih terlatih dan didukung persenjataan lengkap.

Amir Gul Hussainkhil, wakil kepala kepolisian Baghlan mengatakan, Distrik Dahan-e-Ghori dalam kepungan dalam beberapa hari dan Taliban berhasil merebutnya pada Minggu malam saat puluhan pasukan Afghanistan menerapkan “taktik mundur.”

Wilayah tersebut berada di sebelah ibu kota provinsi, Pol-e-Khomri, yang sudah disasar pemberontak selama berbulan-bulan.

”Tentara Afghanistan telah bertempur berhari-hari, tetapi tak ada bantuan datang dan mereka harus mundur, dan Taliban berhasil menguasai distrik itu,” kata Hussainkhil. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Usai Bertemu Putin di Jerman, Donald Trump Hentikan Program Rahasia CIA di Suriah

Usai Bertemu Putin di Jerman, Donald Trump Hentikan Program Rahasia CIA di Suriah

Jakarta – Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, kabarnya telah menghentikan program rahasia Badan Intelijen Pusat ...