Home > Ragam Berita > Nasional > Gloria Paskibraka Tidak Tahu Dia WNA

Gloria Paskibraka Tidak Tahu Dia WNA

Jakarta – Gloria terpaksa tidak diikutsertakan dalam pasukan pengibar bendera pusaka (Paskibraka) di Istana pada 17 Agustus 2016 nanti karena status kewarganegaraannyaa yang termasuk warga negara asing, yang warga negara Prancis.

Gloria Paskibraka Tidak Tahu Dia WNA

Meskipun dia batal masuk menjadi tim inti dari Paskibraka namun ia mengaku tetap mencintai Indonesia dan memilih Indonesia sebagai Tanah Airnya.

Gloria mengaku dirinya tidak tahu bahwa diriny adalah warga negara asing (WNA) karena yang ia tahu dirinya adalah warga negara Indonesia (WNI) sebab sejak lahir hingga sekarang ia besar dan bersekolah di Indonesia.

“Saya sendiri nggak tahu warga negara saya WNA, yang saya tahu saya WNI,” jelas Gloria dalam jumpa pers di Kemenpora, Jakarta, Selasa (16/8/2016).

Seperti diketahui, pihak Kemenkum HAM telah melakukan pengecekan terhadap identitas dan terungkap bahwa Gloria yang lahir dan sekolah di Depok sejak TK hingga sekarang SMA ini memiliki paspor Prancis seperti ayahnya. Gloria juga kerap bepergian ke luar negeri dengan paspor itu.

Gloria Paskibraka Tidak Tahu Dia WNA

“Pertama saya tahu saat pelaksanaan gladi kotor. Sebelum gladi kotor ada penugasan, setelah itu saya tidak diikutsertakan. Dan Garnisun, pelatih menjelaskan ke saya, dari situ saya sudah antisipasi, saya mencoba mengerti itu,” ujar dia.

“Saya mengharap dikukuhkan tapi karena WNA, saya tidak,” jelasnya.

Gloria juga telah membuat surat pernyataan bermeterai yang ia tanda tangani yang menyatakan bahwa dirinya memilih menjadi WNI, namun surat tersebut tidak berpengaruh banyak.

Meskipun sedih namun Gloria mengaku ikhlas dan akan tetap mengabdi untuk Indonesia. Kini Gloria ditunjuk sebagai duta Kemenpora.
(Samsul Arifin)

x

Check Also

Perusahaan Kini Tak Boleh Lagi Melarang Karyawan Sekantor Menikah

Perusahaan Kini Tak Boleh Lagi Melarang Karyawan Sekantor Menikah

Jakarta – Mahkamah Konstitusi mengabulkan permohonan uji materi Pasal 153 Ayat 1 huruf f Undang-Undang ...