Home > Ragam Berita > Nasional > Surabaya Kini Punya Ruang Kendali Darurat Untuk Merespon Keluhan Masyarakat Lebih Cepat

Surabaya Kini Punya Ruang Kendali Darurat Untuk Merespon Keluhan Masyarakat Lebih Cepat

Surabaya – Kota Surabaya yang terus berkembang menjadi kota modern ini kini juga mempunyai Command Center atau ruang kendali darurat dimana dari tempat tersebut warga Surabaya bisa mendapatkan pelayanan yang lebih cepat terhadap berbagai macam masalah di bidang pelayanan masyarakat.

Surabaya Kini Punya Ruang Kendali Darurat Untuk Merespon Keluhan Masyarakat Lebih Cepat

Command Center ini sendiri telah diresmikan penggunannya pada 26 Juli lalu oleh Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini.
Di dalamnya terdapat berbagai macam satuan kerja perangkat daerah (SKPD) dilibatkan, diantaranya Satpol PP, Bakesbangpol dan Linmas, Dinas Kebersihan dan Pertamanan, Dinas Perhubungan, Dinas PU Bina Marga dan Pematusan serta Pemadam Kebakaran.

Seusai upacara memperingai Hari Kemerdekaan RI yang ke-71 pada Rabu (17/8/2016) pagi tadi Risma menyempatan diri untuk mampir melihat kesiagaan petugas di dalam Command Center. Risma juga mencoba menghubungi nomor Command Center 112 lewat handphone yang dibawanya.

Menurut Risma, adanya fasiltas Command Center ini mampu memangkas proses birokrasi sehingga pelayanan terhadap masyarakat dapat menjadi lebih cepat.

“Biasanya kita ada 3 proses. Nah sekarang tinggal 2 proses. Kalau perangkat dan infrastruktur pendukung yang saya kehendaki sudah jadi, nanti bahkan bisa 1 proses saja. Jadi laporan darurat dari masyarakat bisa ditanggapi dengan lebih cepat,” jelas Risma, Rabu.

Surabaya Kini Punya Ruang Kendali Darurat Untuk Merespon Keluhan Masyarakat Lebih Cepat

Risma berharap dengan adanya Command Center yang selalu siap 24 jam ini dan bebas pulsa ini seluruh laporan masyarakat dapat terpusat sehingga lebih cepat penanganannya.

Di ruang Command Center yang dibangun di lantai 2 gedung eks-Siola ini dilengkapi dengan fasilitas beberapa layar pantau untuk monitoring kondisi kota.

“Command Center ini mata, telinga, kaki, tanganku. Jadi dari keluhan yang masuk segera dicarikan solusi dengan cepat,” kata Risma yang janji akan memantau terus menerus pengaduan warga melalui 112 itu.
(Samsul Arifin)

x

Check Also

Ini Alasan HTI Menolak Bergabung Dengan PPP

Ini Alasan HTI Menolak Bergabung Dengan PPP

Jakarta – Mantan anggota Hizbut Tahrir Indonesia (HTI), organisasi kemasyarakatan (Ormas) yang belum lama ini ...