Home > Ragam Berita > Internasional > Puluhan Napi Guantanamo Diboyong ke Uni Emirat Arab

Puluhan Napi Guantanamo Diboyong ke Uni Emirat Arab

Washington – Sekitar 15 napi Teluk Guantanamo bakal diboyong ke Uni Emirat Arab. Hal tersebut diungkapkan Pentagon sebagaimana diberitakan Reuters pada Senin (15/8/2016).mereka adalah tahanan tragedi 11 September 2001. Kini, totalnya sekitar, 780 narapidana yang berada di penjara militer Amerika Serikat tersebut.

Puluhan Napi Guantanamo Diboyong ke Uni Emirat Arab

Menurut seorang pejabat Kementerian Luar Negeri Amerika Serikat, yang berbicara dengan syarat namanya tidak disebut, 12 narapidana pria yang dipindahkan berasal dari Yaman sementara tiga lainnya berasal dari Afghanistan.

Pentagon awalnya kesulitan mencari negara ketiga yang bersedia menampung para tahanan dari Yaman, yang tidak bisa kembali ke negara asal mereka karena sedang dilanda perang sipil.

”Amerika Serikat berterima kasih kepada pemerintah Uni Emirat Arab atas sikap kemanusiaan dan kesediaan mendukung upaya Amerika Serikat untuk menutup,” tutup Guantanamo, menurut pernyataan Pentagon.

Setelah dipindahkan, bekas tahanan biasanya dibebaskan namun tetap berada di bawah pengawasan dan menjalani program rehabilitasi.

Di antara tahanan yang dipindahkan ada warga Afghanistan yang disebut Obaidullah, yang dituduh menyembunyikan ranjau darat pada 2001. Dia ditahan 14 tahun tanpa disidang. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Video Orang Tua Berkelahi di Taman Bermain, Anak-Anak Histeris Ketakutan

Video Orang Tua Berkelahi di Taman Bermain, Anak-Anak Histeris Ketakutan

Shenzhen – Orang tua yang seharusnya memberikan contoh kepada anak-anaknya bagaimana mengendalikan diri justru terlibat ...