Home > Ragam Berita > Nasional > Berita Internasional : Riek Machar Angkat Kaki dari Sudan

Berita Internasional : Riek Machar Angkat Kaki dari Sudan

Juba – Riek Machar dikenal sebagai mantan wakil presiden Sudan. Dia juga menjabat sebagai pemimpin oposisi. Kini, berdasar informasi, dia telah angkat kaki dari Sudan Selatan. Dia kini bergerak ke negara tetangga.

Berita Internasional : Riek Machar Angkat Kaki dari Sudan

Sebagaimana diberitakan Reuters pada Kamis (18/8/2016), Juru bicara James Gatdet Dak menolak menyebutkan negara tujuan Machar. Pernyataan pemimpin SPLA Oposisi (SPLA-IO) mengatakan ia pergi pada Rabu ke negara aman di kawasan tersebut.

Machar memimpin pemberontakan dua tahun melawan pasukan yang setia kepada musuh lamanya, Presiden Salva Kiir, sebelum kedua pihak mencapai kesepakatan perdamaian pada Agustus 2015.

Berdasarkan atas kesepakatan itu, Machar pulang ke Juba pada April dan kembali menjabat wakil presiden.

Namun, pertempuran kembali pecah pada Juli, sehingga Machar bersama pasukannya mundur dari Juba sekitar pertengahan Juli.

Juru bicara Gatdek Dak dalam akun Facebooknya mengatakan para petempur oposisi “berhasil merelokasi pemimpin kami ke negara tetangga di mana ia akan mempunyai akses tak terbatas ke seluruh dunia dan media”.

Sejak pertempuran pada Juli, Kiir memecat Machar dari posisinya dan menunjuk Taban Deng Gai, mantan negosiator oposisi yang pecah dari Machar, sebagai wakil presiden. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Inilah Alasan Anas Urbaningrum Batal Jadi Saksi Sidang E-KTP

Inilah Alasan Anas Urbaningrum Batal Jadi Saksi Sidang E-KTP

Jakarta – Beralasan sakit, mantan Ketua Umum Partai Demokrat Anas Urbaninggrum batal menjadi saksi sidang ...