Home > Ragam Berita > Internasional > Otoritas Keamanan Turki Periksa 51 Perusahaan

Otoritas Keamanan Turki Periksa 51 Perusahaan

Istanbul – Otoritas keamanan Turki mulai bergerak. Aksi tersebut terkait organisasi Fethullah Gulen. Mereka memeriksa 51 perusahaan. Semua terduga terkait dengan gerakan tersebut.

Otoritas Keamanan Turki Periksa 51 Perusahaan

Sebagaimana diberitakan kantor berita Turki, Anadolu, aparat kejahatan finansial di Istanbul menggerebek perusahaan-perusahaan yang dicurigai memberikan dukungan keuangan untuk membantu jaringan ilegal tersebut.

Dengan dukungan polisi anti huru-hara, penggerebekan antara lain dilakukan di perusahaan Akfa Holding dan jaringan supermarket A101 di Distrik Uskudar dan Umraniye.

Berbicara dengan syarat namanya tak disebut karena ada pembatasan untuk berbicara dengan media, seorang sumber keamanan memberitahu kantor berita Anadolu bahwa surat perintah penangkapan dikeluarkan untuk 120 orang, dan dari jumlah itu 50 di antaranya, termasuk pemimpin Akfa Holding Fatih Aktas, ditahan.

Para tahanan yang bekerja di Akfa Holding dituduh membantu pengiriman uang yang dikumpulkan sebagai bantuan amal dari pengikut gerakan Gulen antara tahun 2011 dan 2015 via Bank Asya ke organisasi-organisasi di Amerika Serikat dan Kanada.

Pada 22 Juli regulator Turki membatalkan lisensi perbankan bank Islam, Bank Asya, yang dianggap berafiliasi dengan ulama Fethullah Gulen yang sejak 1999 tinggal di Amerika Serikat.

Setelah upaya kudeta 15 Juli sebanyak 26 ribu orang sudah ditangkap di seluruh Turki. Tokoh bisnis senior, militer, polisi, pegawai peradilan, jaksa, dan pendidik termasuk di antara mereka yang menjadi target pembersihan. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Kim Jong-un Minta Institut Bahan Kimia Perbanyak Produksi Roket Berbahan Bakar Padat

Kim Jong-un Minta Institut Bahan Kimia Perbanyak Produksi Roket Berbahan Bakar Padat

Pyongyang – Kim Jong-un belum lama ini mengimbau militernya untuk memperbanyak hulu ledak rudal dan ...