Home > Ragam Berita > Nasional > Sudirman Said Tidak Ingin Mafia Migas Kembali Lagi

Sudirman Said Tidak Ingin Mafia Migas Kembali Lagi

Jakarta – Mantan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said yang kini tidak menjabat secara struktural berpesan kepada para pejabat di Kementerian ESDM dan kepada penggantinya agar reputasi yang sudah membaik bisa tetap dijaga.

Sudirman Said Tidak Ingin Mafia Migas Kembali Lagi

“Saya kalau boleh nitip satu aja sih. Reputasi sektor ini pada waktu awal Pemerintahan Jokowi sangat buruk. Dalam dua tahun ini, kata banyak orang, berhasil menata jauh lebih baik, bahkan ada kebanggaan tersendiri dari teman di ESDM. Jadi reputasi mesti dijaga aja,” kata Sudirman Said di rumah yang dikontraknya di Jl Cibeber, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu (17/8/2016).

Di awal pemerintahan Jokowi, Kementerian ESDM sedang ‘sakit parah’ dengan masalah korupsi yang menimpa para pejabat tingginya. Mantan Menteri ESDM terakhir sebelum Presiden Jokowi, Jero Wacik, terjerat kasus korupsi. Tidak hanya itu, Kepala SKK Migas saat itu, Rudi Rubiandini, dan mantan Sekjen Kementerian ESDM Wayono Karyo, juga terjerat kasus yang sama.

Setelah pemerintahan dipegang Presiden Jokowi, mulailah dilakukan ‘bersih-bersih’ di Kementerian ESDM dengan dipercayakan Sudirman Said sebagai menterinya.

Sudirman Said kemudian langsung melakukan gebrakan dengan membubarkan Petral yang dianggapnya sebagai sarang mafia. Kasus ‘Papa Minta Saham’ juga ia angkat ke hadapan publik agar masyarakat ikut mengetahuinya. Sepak terjang Sudirman Said ini kemudian mendapatkan ancaman dari para mafia yang zona nyamannya mulai terusik. Termasuk kasus teror penembakan yang menimpa kantor Kementerian ESDM beberapa waktu lalu.

Dengan mulai membaiknya kepercayaan masyarakat terhadap Kementerian ESDM yang awalnya dikenal sebagai sarang mafia, Sudirman Said berpesan agar para mafia yang sudah terusir tersebut jangan sampai kembali lagi.

“Jangan sampai praktik-praktik yang dulu kembali. Dan saya katakan, kalau sampai orang-orang lama yang bermasalah, orang-orang yang diasosiasikan dengan urusan-urusan mafia itu muncul kembali, menurut saya itu dosa kepada Presiden, karena Presiden sudah kerja keras membersihkan. Itu saja,” ujar Sudirman.
(Samsul Arifin)

x

Check Also

Reklamasi Bakal Dihentikan Anies-Sandi, Luhut : Asal Sesuai Aturan

Reklamasi Bakal Dihentikan Anies-Sandi, Luhut : Asal Sesuai Aturan

Jakarta – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan mempersilakan Gubernur dan Wakil Gubernur DKI ...