Home > Gaya Hidup > Kesehatan > 4 Jenis Minyak Aromaterapi Bagi Penderita Sinusitis

4 Jenis Minyak Aromaterapi Bagi Penderita Sinusitis

Jakarta – Di dunia pengobatan herbal, minyak aromaterapi sering digunakan untuk merileksasi pikiran. Tidak berhenti sampai disitu, minyak aromaterapi juga ampuh untuk menyembuhkan sinusitis.

4 Jenis Minyak Aromaterapi Bagi Penderita Sinusitis

Sinusitis adalah inflamasi atau peradangan pada dinding sinus, yang disebabkan oleh virus maupun bakteri.

Sinusitis ditandai dengan gejala sakit kepala, hidung tersumbat atau berair, dan rasa seperti ada yang menekan di area tulang pipi dan hdiung.

Mengirup aroma dari minyak aromaterapi secara rutin diklaim dapat membantu menyembuhkan sinutis, disamping pasien juga harus rajin mengontrol kesehatannya ke dokter. Berikut 4 jenis aromaterapi yang direkomendasikan, seperti dilansir dari metrotvnews.com, Kamis (18/8/2016):

1. Eucalyptus

Eucalyptus atau dikenal minyak essensial kayu putih mengandung dekongestan yang efektif untuk membuka jalan saluran napas bagian atas.

Menurut National Library of Medicine AS, eucalyptus memiliki zat anti mikroba, yang mampu mengobati peradangan dan infeksi. Tambahkan beberapa tetes minyak eucalyptus dan garam ke dalam botol kecil. Gunakan sebagai inhaler setiap kali Anda membutuhkannya.

2. Rosemary

Minyak esensial rosemary mengandung analgesik, anti mikroba, dan stimulan yang bermanfaat untuk membuka jalannya pernafasan di rongga hidung. Tambahkan lima tetes minyak ini ke dalam panci berisi air panas. Hirup uap air untuk membersihkan sinus.

3. Lavender

Minyak essensial lavender, selain menenangkan, dapat meredakan rasa tertekan di wajah akibat sinus. Gunakan 3-5 tetes lavender dalam bak mandi berisi air hangat, dan rendam tubuh selama 15 menit. Air panas berfungsi mengendurkan otot yang tegang, sementara lavender bertindak melegakan pernapasan.

4. Minyak selasih

Minyak selasih memiliki manfaat analgesik dan anti depresan untuk meredakan sakit kepala akibat sinus, dan membuka jalan pernapasan. (Yayan – harianindo.com)

x

Check Also

Obat untuk Diabetes Tipe 2 Telah Ditemukan

Obat untuk Diabetes Tipe 2 Telah Ditemukan

Jakarta – Benarkah diabetes tidak dapat disembuhkan? Jika dahulu penyakit kronis ini seringkali disebut sebagai ...