Home > Ragam Berita > Internasional > Dua Mahasiswi Indonesia Ditangkap di Turki Terkait Fethullah Gulen

Dua Mahasiswi Indonesia Ditangkap di Turki Terkait Fethullah Gulen

Jakarta – Dua mahasiswi asal Indonesia yang diketahui bernama DP asal Demak dan YU yang berasal dari Aceh, ditangkap oleh pihak kepolisian Turki saat keduanya berada di rumah milik Yayasan Fethullah Gulen pada saat polisi melakukan penggerebekan.

Dua Mahasiswi Indonesia Ditangkap di Turki Terkait Fethullah Gulen

“Dua orang mahasiswi Indonesia telah ditangkap oleh aparat keamanan Turki pada tanggal 11 Agustus 2016 di rumah tinggalnya di kota Bursa, Turki,” kata Direktur Perlindungan WNI M Iqbal, Jumat (19/8/2016).

Pihak Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Ankara telah melakukan beberapa upaya untuk memberikan perlindungan kepada dua mahasiswi tersebut. Pada tanggal 12 Agustus 2016, staf KBRI mendatangi kantor kepolisian Bursa. Pada 15 Agustus 2016, KBRI menyampaikan nota kepada Kementerian Luar Negeri Turki untuk meminta klarifikasi penangkapan dua WNI di sana. Lantas pada 16 Agustus 2016, KBRI juga mendatangi pengadilan Bursa untuk bertemu dengan Jaksa setempat.

“Ini dimaksudkan untuk mengantisipasi jika nantinya kasus ini masuk ke pengadilan. KBRI sudah memastikan bahwa kedua mahasiswi didampingi pengacara,” tegas Iqbal.

Menurut Iqbal, hingga saat ini belum diperoleh kejelasan terkait tuduhan yang diberikan kepada dua mahasiswi tersebut, namun kabar terakhir yang beredar keduanya bukan termasuk sasaran yang hendak ditangkap pada saat itu.

“Namun saat aparat keamanan melakukan penangkapan di salah satu rumah yang dikelola Yayasan Gulen, kedua mahasiswa ada di rumah tersebut dan mengakui bahwa mereka berdua memang tinggal di rumah tersebut. Segera setelah mengetahui penangkapan, KBRI juga telah menghubungi keluarga kedua mahasiswa untuk menyampaikan kejadian,” tutup Iqbal.
(Samsul Arifin)

x

Check Also

Iran Mengancam Akan Meluluhlantakkan Tel Aviv dan Haifa

Iran Mengancam Akan Meluluhlantakkan Tel Aviv dan Haifa

Teheran – Hubungan Iran-Israel semakin memanas, hal ini tak lain karena pernyataan Militer Iran yang ...