Home > Ragam Berita > Nasional > Gunung Karangetang Waspada, Warga Diminta Berhati-hati

Gunung Karangetang Waspada, Warga Diminta Berhati-hati

Manado – Gunung Karangetang yang terletak di Kabupaten Kepulauan Sitaro, Provinsi Sulawesi Utara, masih berstatus waspada. Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Bandung pun mengimbau wisatawan dan masyarakat berhati-hati. Mereka diminta untuk menjauhi radius bahaya.

Gunung Karangetang Waspada, Warga Diminta Berhati-hati

”Masyarakat dan wisatawan di sekitar Gunung Karangetang diharapkan tidak mendaki dan beraktivitas pada radius 1,5 kilometer dari kawah dan perluasan ke sektor selatan tenggara, barat dan barat daya sejauh 2,5 kilometer,” kata Pengamat Pos Gunung Api Karangetang Didi Wahyudi Pernama Putra Binapada Kamis (18/8/2016).

Dia menambahkan, kegempaan gunung api setinggi 1.784 meter di atas permukaan laut pada pukul 00.00-24.00 WITA, Rabu (17/8), yaitu sembilan kali gempa tektonik jauh dengan amplitudo 3-38 milimeter dengan durasi 60-150 detik.

Selanjutnya, lima kali gempa vulkanik dangkal dengan amplitudo 3-4 milimeter selama 3-5 detik, gempa hybrid/fase banyak berjumlah lima kali dengan amplitudo 3-6 milimeter selama 15-20 detik.

Gempa microtremor beramplitudo 0,25-0,5 milimeter dengan amplitudo dominan 0,25 milimeter, gempa embusan sebanyak satu kali dengan amplitudo dua milimeter selama 17 detik.

”Pada malam hari teramati sinar api lebih kurang 10 meter,” tutupnya. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Boni Hargens Kritik Politisi Gerindra Yang Ingin Boikot Pilpres 2019

Boni Hargens Kritik Politisi Gerindra Yang Ingin Boikot Pilpres 2019

Jakarta – Pengamat politik Boni Hargens menuding, pernyataan Wakil Ketua Umum DPP Partai Gerindra Arief ...