Home > Ragam Berita > Internasional > Dua Mahasiswi Yang Ditangkap Aparat Turki Berasal dari Demak dan Aceh

Dua Mahasiswi Yang Ditangkap Aparat Turki Berasal dari Demak dan Aceh

Ankara – Dua orang mahasiswi asal Indonesia dikabarkan ditangkap oleh pihak keamanan Turki karena diduga terkait dengan yayasan milik Fethullah Gulen, orang yang dituduh menjadi otak dari percobaan kudeta militer yang berhasil digagalkan beberapa waktu lalu.

Dua Mahasiswi Yang Ditangkap Aparat Turki Berasal dari Demak dan Aceh

Menurut Direktur Perlindungan Warga Negara Indonesia dan Badan Hukum Indonesia (PWNI) Lalu Muhammad Iqbal, kedua mahasiswi yang ditangkap berinisial DP asal Demak dan YU asal Aceh. Keduanya ditangkap pada Kamis (11/8/2016) waktu setempat di wilayah Bursa, Turki.

“Beberapa upaya sudah dilakukan KBRI Ankara untuk memberikan perlindungan kepada keduanya,” kata Iqbal dalam keterangan tertulisnya, Jumat (19/8/2016).

Pada tanggal 12 Agustus 2016, staf KBRI Ankara telah mendatangi kepolisian Bursa untuk meminta akses kekonsuleran terkait kedua mahasiswi yang ditangkap.

Pada tanggal 15 Agustus 2016, KBRI menyampaikan nota kepada Kementerian Turki guna meminta klarifikasi terkait alasaan penangkapan dua mahasiswi ini.

Lalu pada 16 Agustus 2016, KBRI Ankara mendatangi Pengadilan Bursa untuk bertemu dengan Jaksa penuntut guna mengantisipasi bila kasus ini harus sampai di pengadilan.

KBRI juga telah memastikan keduanya mendapat pendampingan pengacara serta telah memberitahukan kedua orang tua mahasiswa tersebut terkait kejadian yang sebenarnya.

Hingga saat ini belum ada keterangan resmi dari pemerintah Turki terkait tuduhan yang mereka bebankan hingga kedua mahasiswi tersebut harus ditangkap.
(Samsul Arifin)

x

Check Also

Wanita Yang Pakai Rok Mini di Video Snapchat Dibebaskan Polisi Saudi Tanpa Dakwaan

Wanita Yang Pakai Rok Mini di Video Snapchat Dibebaskan Polisi Saudi Tanpa Dakwaan

Riyadh – Pihak kepolisian Arab Saudi akhirnya membebaskan seorang wanita yang terekam hanya mengenakan rok ...