Home > Ragam Berita > Nasional > Gunung Soputan Terus Tunjukkan Aktivitas Vulkanik

Gunung Soputan Terus Tunjukkan Aktivitas Vulkanik

Tomohon – Gunung Soputan di Kabupaten Minahasa Tenggara/Minahasa Selatan, Sulawesi Utara (Sulut), terus menunjukkan aktivitas vulkanik. Tercatat, ada beberapa kali gempa guguran. Hal tersebut terjadi sejak Jumat (19/8/2016).

Gunung Soputan Terus Tunjukkan Aktivitas Vulkanik

”Tingkat aktivitas Gunung Soputan saat ini adalah waspada level II,” kata Asep Saefuloh di Tomohon pada Sabtu (20/8/2016).

Asep menambahkan, kegempaan yang terekam pada periode tersebut yaitu satu kali tektonik jauh amplitudo amax 11 milimeter dengan durasi 135 detik, selanjutnya dua kali tektonik lokal amax 60 mm selama 65-78 detik.

Terekam pula satu kali gempa embusan amax 46 milimeter selama 20 detik serta 29 kali guguran amax 4-60 milimeter selama 10-110 detik.

“Secara visual Gunung Soputan tampak jelas dan teramati asap kawah putih tipis diperkirakan setinggi 25 meter,” ujarnya.

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi, kata dia, merekomendasikan masyarakat dan pengunjung agar tidak beraktivitas di dalam radius 1,5 kilometer dari puncak dan di dalam wilayah sektor arah barat-barat daya sejauh 2,5 kilometer.

Meski begitu, warga tidak diungsikan karena jarak antara pusta letusan dengan permukiman penduduk diperkirakan mencapai delapan kilometer, sementara warga hanya diinstruksikan tidak memasuki radius bahaya sejauh 6,5 kilometer. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Polisi Menyambut Baik Rencana Kepulangan Rizieq Pada 17 Agustus

Polisi Menyambut Baik Rencana Kepulangan Rizieq Pada 17 Agustus

Jakarta – Pihak kepolisian rencananya akan memintak keterangan dari tersangka kasus dugaan pornografi Rizieq Shihab ...