Home > Ragam Berita > Nasional > Jokowi Ingin Bangun Pelabuhan Megah di Sumatera

Jokowi Ingin Bangun Pelabuhan Megah di Sumatera

Jakarta – Pada acara groundbreaking perluasan Pelabuhan Sambas Sibolga di Kabupaten Tapanuli Tengah, Sumatera Selatan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menargetkan akhir 2017 proyek tersebut harus rampung.

Jokowi Ingin Bangun Pelabuhan Megah di Sumatera

“Saya perintahkan ke Menteri BUMN, ke Menteri Perhubungan, agar dikembangkan hampir tiga kali lipat dari yang sekarang ini. Dan, akhir 2017 harus selesai,” kata Presiden Jokowi di Pelabuhan Sambas Sibolga, Sabtu (20/8/2016).

Pelabuhan Sibolga, lanjut Jokowi, adalah pelabuhan yang sudah lama sekali beroperasi. Secara perhitungan, seharusnya pelabuhan ini memegang peran penting untuk mentransfer barang-barang, terutama dari Sibolga ke Nias. Atau dari luar, masuk ke Sibolga dan kabupaten-kabupaten yang ada di sekitar Sibolga.

“Transportasi laut itu adalah transportasi yang biayanya paling murah sehingga kenapa kemarin saya perintahkan untuk diperluas,” kata presiden asal Solo tersebut.

Jokowi menambahkan, Pelabuhan Sibolga sudah lama tidak pernah disentuh dalam hal pengembangan atau perluasan.

“Kita harapkan ini nanti setelah selesai juga diikuti pengembangan industri di sini yaitu industri perikanan bisa cold storage, bisa nanti juga dengan pengalengan ikan, juga ada nanti dari Kementerian BUMN,” kata Jokowi.

Jokowi menilai, Pelabuhan Sibolga merupakan pelabuhan yang cukup menjanjikan yang juga akan diikuti dengan mengembangkan kawasan di sekitar Sibolga. Di mana, Pelabuhan Sibolga merupakan yang terbesar di bagian barat Sumatera. Pelabuhan tersebut nantinya akan mentransfer barang-barang dari beberapa pulau dan juga ke beberapa kabupaten di daerah itu.

“Kita harapkan pelabuhan lain di Sumatera Utara juga kayak di sini, Pelabuhan Kuala Tanjung nanti 2017 itu juga akan selesai. Sekarang Kuala Tanjung baru selesai 54 persen. Jadi, kalau tahun depan selesai, kita punya pelabuhan yang sangat gede,” ujar mantan Gubernur DKI tersebut. (Yayan – harianindo.com)

x

Check Also

Politisi PKB Ajak Semua Pihak Hentikan Provokasi

Politisi PKB Ajak Semua Pihak Hentikan Provokasi

Jakarta – Daniel Johan selaku Wakil Sekjen Partai Kebangkita Bangsa (PKB) mengajak semua elemen masyarakat ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis