Home > Ragam Berita > Ekonomi > 5 Negara Ini Telah Patok Rokok Dengan Harga Selangit

5 Negara Ini Telah Patok Rokok Dengan Harga Selangit

Jakarta – Wacana tentang kenaikan harga rokok hingga Rp 50.000 per bungkusnya saat ini tengah menjadi perbincangan hangat. Pro dan kontra pun bermunculan di tengah masyarakat.

5 Negara Ini Telah Patok Rokok Dengan Harga Selangit

Langkah Pemerintah untuk menaikkan harga rokok memang masih menjadi pertimbangan. Namun Anda harus tahu bahwa negara-negara berikut ini mematok harga rokok sangat mahal jika dibandingkan dengan Indonesia.

Negara apa sajakah? Berikut pembahasannya seperti dilansir dari viva.co.id, Minggu (21/8/2016):

1. AUSTRALIA

Australia disebut-sebut sebagai negara dengan harga rokok paling mahal di dunia. Kabarnya, harga rokok disana mencapai $16,11 atau lebih dari Rp 200.000.

Itu berarti, untuk menghisap satu batang rokok saja, perokok harus mengeluarkan uang lebih dari Rp 10.000. Pemerintah Australia memang sengaja menaikkan pajak produk tembakau untuk mengurangi jumlah perokok.

2. SELANDIA BARU

Sudah sejak lama kabar beredar bahwa pemerintah Selandia Baru menaikkan harga rokok untuk menekan jumlah perokok di negaranya. Sejak tahun 2012, harga rokok di Selandia Baru memang naik drastis, yakni dengan peningkatan harga sebesar 40 persen per bungkus. Harga rata-rata per bungkus rokok yakni $14,67 atau sekitar Rp 190.000.

Ternyata kebijakan ini mampu menurunkan jumlah perokok di Selandia Baru. Selain itu, harga rokok disana juga terus dinaikkan setiap tahunnya.

3. NORWEGIA

Di Norwegia, denda yang dikeluarkan oleh perokok yang terbukti menghabiskan 1 bungkus rokok dalam sehari lebih besar daripada harga rokok itu sendiri. Karena orang yang menghabiskan rokok satu bungkus sehari diperkirakan harus membayar denda sebesar $ 5.500 pada akhir tahun.

Sedangkan rata-rata harga rokok per bungkus sekitar Rp 188.000. Dengan kebijakan seperti ini, orang akan berpikir dua kali untuk merokok.

4. INGGRIS RAYA

Rata-rata harga rokok per bungkus di Inggris raya sebesar $ 12,25 atau sekitar Rp 159.000. Banyak perokok yang menyiasatinya dengan membeli secara online yang lebih murah.

5. ISLANDIA

Di Islandia, rokok hanya dapat dibeli di toko khusus. Pembeli juga harus menunjukkan kartu identitas, sebagai bukti bahwa yang bersangkutan sudah di usia hukum.

Harga rokok per bungkusnya juga cukup mahal, yakni $ 9,51 atau sekitar Rp 123.000. (Yayan – harianindo.com)

x

Check Also

Terkait Program DP Rumah 0 Persen, Ini Kata Pengembang

Terkait Program DP Rumah 0 Persen, Ini Kata Pengembang

Jakarta – Program DP rumah 0 persen yang digadang-gadang oleh calon Gubernur dan Wakil Gubernur ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis