Home > Gaya Hidup > Kesehatan > Pakar Menyebut 1 Dari 20 Perempuan Memiliki Masalah Payudara

Pakar Menyebut 1 Dari 20 Perempuan Memiliki Masalah Payudara

Jakarta – Ukuran payudara yang tidak sama atau asimetris terkadang menjadi dilema bagi sebagian wanita. Namun perlu Anda ketahui, hal tersebut bukanlah masalah besar.

Pakar Menyebut 1 Dari 20 Perempuan Memiliki Masalah Payudara

Bahkan bisa dibilang jika tidak ada wanita yang memiliki payudara dengan ukuran yang betul-betul sama. Umumnya kaum hawa memiliki salah satu payudara dengan ukuran lebih besar atau dengan bentuk yang agak berbeda daripada lainnya.

Hasil pantauan Harian Indo, Minggu (21/8/2016), tiga hal penentu utama penampilan payudara adalah ukuran, bentuk, dan posisi payudara beserta putingnya ketika berdiri dalam posisi tegak. Ada yang perbedaan bentuk payudaranya terlihat jelas. Tetapi, lebih banyak yang mudah tersamar oleh pakaian. Dan, semuanya termasuk normal.

Masih menjadi misteri mengenai hal apa yang membentuk payudara menjadi asimetris. Selama masa pubertas, hormon estrogen memicu pertumbuhan jaringan payudara. Hal ini biasanya terjadi dua tahun setelah masa menstruasi pertama. Jaringan ini terus tumbuh selama empat tahun, dan selama masa pertumbuhan tersebut bisa saja terjadi perbedaan ukuran.

Pada kebanyakan perempuan, pertumbuhan final ukuran dan bentuk payudara terjadi pada usia 21. Kehamilan dan menopause -yang keduanya dipengaruhi oleh hormon-hormon- dapat memicu pertumbuhan atau perubahan lebih lanjut.

Sekitar 90 persen dari wanita memiliki tingkat asimetri tertentu. Para pakar sendiri memperkirakan satu dari 20 perempuan memiliki masalah payudara, dan mempertimbangkan hal tersebut sebagai kelainan bentuk.

Kurangnya perkembangan payudara, yang disebut sebagai hypoplasia, dan lawannya, hyperplasia (ketika perkembangan payudara terjadi berlebihan), adalah masalah umum lain yang bisa terjadi. Masalah inilah yang kemudian menyebabkan payudara menjadi asimetris.

Di samping masalah kepercayaan diri, payudara yang asimetris bisa menimbulkan beberapa masalah kesehatan. Misalnya, nyeri punggung dan leher akibat ukuran yang terlalu besar. Selain itu juga iritasi kulit, yang dipicu oleh gesekan dari pakaian dalam yang kurang pas.

Operasi payudara bisa menjadi salah satu solusi bentuk payudara yang tidak sama besar. Entah itu operasi membesarkan, atau mengecilkan payudara, atau keduanya. Operasi untuk mengoreksi bentuk payudara umumnya memiliki tingkat keberhasilan 90 persen. (Yayan – harianindo.com)

x

Check Also

Sedang Diet ? Hindari Minuman Ini

Sedang Diet ? Hindari Minuman Ini

Jakarta – Kopi dapat membantu Anda menurunkan berat badan dengan cara meningkatkan metabolisme tubuh. Sayangnya, ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis