Home > Teknologi > Puluhan Kampung Siaga Bencana Bakal Dibangun Pemprov DKI

Puluhan Kampung Siaga Bencana Bakal Dibangun Pemprov DKI

Jakarta – Setiap musim hujan tiba, Jakarta pun bakal tergenang. Banjir pun seakan menjadi musibah tahunan di ibu kota negara tersebut. Dinas Sosial Provinsi DKI Jakarta pun merencanakan sebuah program.

Puluhan Kampung Siaga Bencana Bakal Dibangun Pemprov DKI

Mereka bakal membangun 50 Kampung Siaga Bencana. Bangunan tersebut bakal didirikan di titik rawan bencana. Tujuannya, membantu penyaluran bantuan kepada korban.

”Saat ini sudah siap 50 KSB yang ada di beberapa kelurahan yang menjadi titik rawan bencana banjir. KSB ini nanti menjadi tempat penampungan logistik juga mengolah dan mendistribusikannya,” kata Kepala Bidang Perlindungan Sosial Dinas Sosial DKI Jakarta Tarmijo Damanik di Jakarta pada Senin (22/8/2016).

Dia mengatakan Kampung Siaga Bencana berguna untuk mempercepat penyaluran bantuan kepada korban yang terkena dampak bencana.

Dia menuturkan masyarakat akan mengelola kampung siaga bencana itu secara swadaya. Pihaknya menyalurkan bahan logistik ke KSB. Kemudian, masyarakat berperan untuk mengolah dan mendistribusikan bantuan itu sesuai dengan kebutuhan di wilayah mereka.

Sementara itu, Kepala Seksi Bantuan Sosial Korban Bencana, Sahrul mengatakan KSB bisa membuat makanan cepat saji berupa 1000 bungkus nasi dalam jangka waktu empat jam untuk segera disalurkan kepada korban.

”KSB ini menurut kami cukup efektif. Karena dengan adanya KSB, apabila masyarakat terkena bencana pada siang hari, paling lama malam harinya mereka sudah dapat makan nasi bungkus. Tergantung situasi, bisa lebih cepat,” ujarnya. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Habib Rizieq Rencananya Akan Jalani Pemeriksaan di Polda Jabar Besok

Habib Rizieq Rencananya Akan Jalani Pemeriksaan di Polda Jabar Besok

Jakarta – Habib Rizieq Syihab selaku Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) memastikan jika dirinya ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis