Home > Ragam Berita > Nasional > Berita Terkini : Ahok Uji Pasal 70 Ayat (3) UU Pilkada di Mahkamah Konstitusi

Berita Terkini : Ahok Uji Pasal 70 Ayat (3) UU Pilkada di Mahkamah Konstitusi

Jakarta – Gubernur Provinsi DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) memang dikenal dengan tindakannya yang memancing kontroversi. Kini dia melakukan pengujian materi. Pihaknya meminta Mahkamah Konstitusi (MK) menafsirkan ketentuan wajib cuti bagi petahana. Hal tersebut terkandung dalamd Pasal 70 ayat (3) UU Pilkada.

Berita Terkini : Ahok Uji Pasal 70 Ayat (3) UU Pilkada di Mahkamah Konstitusi

”Saya ingin meminta penafsiran bahwa petahana wajib cuti dalam ketentuan tersebut,” ujar Ahok di Gedung Mahkamah Konstitusi Jakarta pada Senin (22/8/2016).

Dalam permohonannya, Ahok menguji Pasal 70 ayat (3) UU Pilkada yang berbunyi: “Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, Wali Kota dan Wakil Wali Kota, yang mencalonkan kembali pada daerah yang sama, selama masa kampanye harus memenuhi ketentuan: a. menjalani cuti di luar tanggungan negara; dan b. dilarang menggunakan fasilitas yang terkait dengan jabatannya”.

Ahok beralasan bahwa Pasal 70 ayat (3) UU Pilkada dapat ditafsirkan bahwa selama masa kampanye Pemohon wajib menjalani cuti, padahal selaku pejabat publik, Pemohon memiliki tanggung jawab kepada masyarakat Provinsi DKI Jakarta untuk memastikan program unggulan DKI Jakarta terlaksana termasuk proses penganggarannya.

”Saya dipilih secara konstitusi, maka saya harus bertanggung jawab terkait dengan hal itu,” ujar Ahok di hadapan Majelis Hakim Konstitusi.

Ahok sebagai Pemohon berpendapat bahwa seharusnya ketentuan dalam Pasal 70 ayat (3) UU Pilkada ditafsirkan bahwa cuti selama kampanye merupakan hak bagi petahana yang bersifat optional.

”Maka saya memilih untuk tidak mengambil hak cuti saya, dengan konsekwensi saya tidak akan berkampanye untuk menghindari penyalahgunaan wewenang,” jelas Ahok. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Polri Tanggapi Permintaan Habib Rizieq Yang Ingin Kasusnya Diselesaikan Secara Kekeluargaan

Polri Tanggapi Permintaan Habib Rizieq Yang Ingin Kasusnya Diselesaikan Secara Kekeluargaan

Jakarta – Polri sudah mendengarkan permintaan dari Rizieq Shihab yang meminta agar segala masalah hukum ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis