Home > Ragam Berita > Nasional > Ahok Bakal Siapkan Tim untuk Ikuti Sidang Lanjutan MK

Ahok Bakal Siapkan Tim untuk Ikuti Sidang Lanjutan MK

Jakarta – Sebagaimana diketahui, Gubernur Provinsi DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) mengajukan pengujian UU Nomor 10 Tahun 2016 di Mahkaah Konstitusi. Kini pihaknya pun bakal menyiapkan tim. Ha tersebut dilakukan untuk mengikuti sidang lanjutan di MK.

Ahok Bakal Siapkan Tim untuk Ikuti Sidang Lanjutan MK

”Kami nanti ada tim yang sedang dipersiapkan,” ujar Ahok di Gedung Mahkamah Konstitusi Jakarta pada Senin (22/8/2016).

Hal itu dikatakan oleh Ahok yang datang tanpa didampingi oleh kuasa hukum pada sidang perdana permohonan pengujian Pasal 70 ayat (3) UU Pilkada.

”Ini kan masih tahap awal, nanti pada sidang selanjutnya kami panggil ahli tata negara untuk membantu menafsirkan apakah yang saya maksud itu diterima atau tidak,” ujar Ahok sebelum memasuki ruang sidang.

Dalam permohonannya, Ahok menguji Pasal 70 ayat (3) UU Pilkada yang berbunyi: Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, Wali Kota dan Wakil Wali Kota, yang mencalonkan kembali pada daerah yang sama, selama masa kampanye harus memenuhi ketentuan: a. menjalani cuti di luar tanggungan negara; dan b. dilarang menggunakan fasilitas yang terkait dengan jabatannya.

Ahok beralasan bahwa Pasal 70 ayat (3) UU Pilkada dapat ditafsirkan bahwa selama masa kampanye Pemohon wajib menjalani cuti, padahal selaku pejabat publik, Pemohon memiliki tanggung jawab kepada masyarakat Provinsi DKI Jakarta untuk memastikan program unggulan DKI Jakarta terlaksana termasuk proses penganggarannya.

Dengan demikian Pemohon dapat memilih untuk tidak menggunakan cuti tersebut dan fokus bekerja menata DKI Jakarta sesuai dengan tanggung jawab Pemohon sebagaimana dinyatakan dalam Pasal 18 ayat (4) UUD 1945. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Mendagri Tegaskan Usul Penambahan Anggota KPU dan Bawaslu Bakal Dibahas di Rapat Paripurna

Mendagri Tegaskan Usul Penambahan Anggota KPU dan Bawaslu Bakal Dibahas di Rapat Paripurna

Jakarta – Beberapa waktu lalu, muncul usul untuk menambah anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis