Home > Ragam Berita > Nasional > Mendagri Bakal Sebarkan Blanko E-KTP Secara Merata

Mendagri Bakal Sebarkan Blanko E-KTP Secara Merata

Jakarta – Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo merespons cepat kekurangan blanko E-KTP. Karena itu, pihaknya bakal mendistribusikan 4,5 juta blanko tersebut. Penyebarannya pun bakal dilakukan secara merata.

Mendagri Bakal Sebarkan Blanko E-KTP Secara Merata

”Sebenarnya blanko E-KTP itu tidak habis. Tahun anggaran 2016 ini, masih ada 4,5 juta (blanko) yang saya minta untuk dikirim secara bertahap bagi daerah tingkat dua yang memerlukan,” kata Mendagri kepada awak media di Jakarta pada Senin (22/8/2016).

Menurut Tjahjo, Kementerian Dalam Negeri mengupayakan pengiriman tersebut untuk memenuhi permintaan blanko E-KTP yang telah diajukan sejumlah daerah.

Selain mengirimkan blanko E-KTP, Mendagri juga menugaskan para petugas Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil kabupaten agar menerapkan sistem “jemput bola” untuk meningkatkan akses masyarakat pada kepemilikan E-KTP di pedesaan dan daerah terpencil.

”Apalagi keluarga yang mata pencahariannya hanya cukup untuk makan satu hari, ini tidak memungkinkan mereka meninggalkan pekerjaan dan melakukan perekaman data. Jadi petugas yang mendata perlu mengejar hingga tingkat rukun tetangga dan rukun warga,” tambahnya. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Panglima TNI Gatot Dinilai Cocok Sebagai Cawapres Jokowi

Panglima TNI Gatot Dinilai Cocok Sebagai Cawapres Jokowi

Jakarta – Pilpres 2019 memang masih lama, namun beragam dukungan sudah mulai bermunculan untuk Presiden ...