Home > Ragam Berita > Nasional > Menkopolhukam Tegaskan Penanganan Terorisme Harus Komprehensif

Menkopolhukam Tegaskan Penanganan Terorisme Harus Komprehensif

Jakarta – Indonesia hingga kini masih menanggulangi masalah terorisme. Sebab, hal tersebut sangat merisaukan masyarakat. Menko bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Wiranto pun angkat bicara.

Menkopolhukam Tegaskan Penanganan Terorisme Harus Komprehensif

Menurut dia, upaya penanggulangan terorisme tidak bisa hanya dijalankan oleh Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT). Sinergi antarkementerian dan lembaga negara pun sangat dibutuhkan.

”Karena spektrum terorisme ini sangat luas sehingga penanganannya juga harus komprehensif,” ujarnya di Jakarta pada Senin (22/8/2016).

Dalam rapat tersebut dibahas perlunya koordinasi kementerian dan lembaga untuk memahami anatomi terorisme di Indonesia dan kaitannya dengan masyarakat internasional.

”Dampak terorisme itu kan sangat mengerikan, bisa memporakporandakan kehidupan suatu negara. Pendek kata, aksi terorisme itu menimbulkan ketidaknyamanan dan kepanikan masyarakat. Ini yang harus kita hindari,” tutur Menko Polhukam.

Mengingat rencana pemerintah Indonesia yang fokus pada percepatan pembangunan dan unggul dalam persaingan kawasan, potensi terorisme harus diminimalisasi agar tidak merugikan kepentingan nasional.

Karena itu, kata Wiranto, selain ditangani secara serius dan sungguh-sungguh, penanggulangan terorisme juga harus didukung dengan instrumen hukum yang jelas melalui penerbitan UU Anti-Terorisme yang hingga saat ini masih dibahas oleh DPR. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Ternyata Lembaga Ini Yang Melarang Panglima TNI Masuk AS

Ternyata Lembaga Ini Yang Melarang Panglima TNI Masuk AS

Jakarta – Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo dilarang memasuki wilayah Amerika Serikat oleh US Custom ...