Home > Ragam Berita > Internasional > Wow, Afghanistan Mendapat Hibah Senjata AS Senilai Rp 794 Miliar

Wow, Afghanistan Mendapat Hibah Senjata AS Senilai Rp 794 Miliar

New York – Afghanistan mendapat hibahan senjata dari Amerika Serikat (AS). Hal tersebut terungkap setelah Departemen Luar Negeri Amerika Serikat (AS) memberikan kepastian. Mereka menyetujui penjualan berbagai senjata perang zseharga USD 60 juta atau setara Rp 794 miliar kepada Afghanistan.

Wow, Afghanistan Mendapat Hibah Senjata AS Senilai Rp 794 Miliar

Penjualan senjata yang diusulkan mencakup 4.891 senapan M16A4 kaliber 5.56 milimeter, 485 senapan M240B 7.62 milimeter dan 800 senjata mesin M2.50. Selain itu, AS juga menyetujui pembelian senjata mesin otomatis M249, senapan sniper M1110 7.62 milimeter dan peluncur granat MK-19 kaliber 40 milimeter.

Sebagaimana diberitakan UPI pada Selasa (23/8/2016), selain beberapa senjata di atas, penjualan juga mencakup senjata mesin kaliber 40 milimeter MK-93, senjata mesin tripod M3, barel cadangan, peralatan pelatihan, dokumentasi teknis, peralatan latihan prajurit, bantuan logistik dan teknis serta hal lainnya yang berkaitan dengan peralatan militer.

Menurut keterangan otoritas berwenang, penjualan senjata ini bertujuan untuk mendukung kebijakan AS dan ikut membantu pasukan Afghanistan melawan pemberontak Taliban. Penjualan senjata besar-besaran sengaja dilakukan.

AS juga meyakini Tentara Nasional Afghanistan sudah terlatih dan siap untuk menggunakan peralatan senjata AS secara baik. Pembelian senjata besar-besaran oleh Afghanistan ini berasal dari dana hibah Pemerintah AS. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Presiden Filipina Relakan Anaknya Dibunuh Jika Terlibat Narkoba

Presiden Filipina Relakan Anaknya Dibunuh Jika Terlibat Narkoba

Manila – Tuduhan penggunaan narkoba pada Paolo Duterte membuat sang ayah yang tak lain adalah ...