Home > Teknologi > Sains > Tangan Tuhan Tertangkap Kamera NASA

Tangan Tuhan Tertangkap Kamera NASA

Jakarta – Sebuah wujud menyerupai tangan raksasa tertangkap kamera teleskop NuSTAR milik NASA. Wujud itu diketahui merupakan energi X-Ray yang berbentuk mirip tangan.

Tangan Tuhan Tertangkap Kamera NASA

Energi X-Ray ini terbentuk dari nebula angin bimasakti yang diproduksi oleh sisa-sisa ledakan bintang yang disebut PSR B1509-58.

Sisa dari partikel ini kemudian berinteraksi dengan medan magnet di sekitarnya sehingga menghasilkan cahaya X-Ray berbentuk tangan.

Para ilmuwan sendiri tidak yakin apakah materi yang dikeluarkan itu membentuk sebuah tangan besar.

“Kami tidak tahu apakah bentuk tangan itu merupakan sebuah ilusi optik. Dengan NuSTAR tangan terlihat lebih seperti tinjuan yang memberikan beberapa petunjuk,” kata Hongjun An dari Universitas McGill Montreal, sebagaimana dilansir Space, Selasa (22/8/2016).

Astronom mempercayai bahwa awan merah yang tampak di ujung jari merupakan struktur terpisah yang disebut RCW 89. Sedangkan angin yang berasal dari bimasakti kemungkinan memanaskan awan dalam memproduksi energi X-Ray.

“Tangan Tuhan” ini dipercaya sebagai pareidolia, yakni fenomena psikologikal dalam memahami bentuk yang familiar dari gambar acak atau samar, seperti awan yang berbentuk wajah atau binatang misalnya.
(Samsul Arifin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

CAPTCHA Image
Refresh Image

*

12465455_10205256660160520_652338149_o

Portal Berita Indonesia

 

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

 

Aktual, Faktual dan Humanis