Home > Ragam Berita > Nasional > Flores Timur Dilanda Gempa Berkekuatan Gempa 6,1 SR

Flores Timur Dilanda Gempa Berkekuatan Gempa 6,1 SR

Kupang – Indonesia terletak di antara dua lempeng besar. Karena itu, jtanah air memiliki gunung berapi dan kerap dilanda gempa. Nah, Kabupaten Flores Timur, Nusa Tenggara Timur, dilanda gempa pada Rabu (24/8/2016) pukul 03.39 WITA.

Flores Timur Dilanda Gempa Berkekuatan Gempa 6,1 SR

”Gempa berkekuatan 6,1 SR itu terjadi di wilayah Flores Timur,” kata Kepala Seksi Data dan Informasi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Geofisika Klas 1 Kupang Sumawan.

Berdasar informasi yang diperoleh, gempa berkekuatan 6,1 SR tersebut tidak akan memancing tsunami. Pusat gempa berada di 7,46 Lintang Selatan (LS) dan 122,54 Bujur Timur (BT).

Dia menjelaskan, dari radar yang dibaca di Stasiun Geofisika Klas 1 Kupang, pusat gempa berada di 105 km barat laut Flores Timur, Nusa Tenggara Timur pada kedalaman 537 kilometer di atas permukaan laut.

Ia mengakui, hampir seluruhu NTT diguncang gempa akhir-akhir ini, namun tidak dalam skala yang besar, karena NTT masuk dalam sistem tektonik Indonesia. Intensitasnya pun cukup kerap sehingga masyarakat selalu diminta mewaspadainya.

”Jadi jangan salah kalau gempa di NTT sering terjadi, baik Pulau Timor, Pulau Alor, Sumba, Flores dan pulau lainnya di NTT,” kata Sumawan. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Deklarasi Dukungan Kepada Ahok-Djarot Ditunda, PPP Kubu Romy Janji Jadwalkan Ulang Segera

Deklarasi Dukungan Kepada Ahok-Djarot Ditunda, PPP Kubu Romy Janji Jadwalkan Ulang Segera

Jakarta – Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Persatuan Pembangunan (PPP) DKI Jakarta kubu Romahurmuziy (Romi) ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis