Home > Ragam Berita > Internasional > AS Gempur Basis ISIS di Libya dengan Helikopter

AS Gempur Basis ISIS di Libya dengan Helikopter

Washington – ISIS memang adalah salah satu militan yang kerap menebar teror. Karena itu, Amerika Serikat (AS) bergerak untuk menggempur mereka. Otoritas militer AS pun menyerbu basis utama kelompok ekstremis tersebut di Sirte, Libya, dengan helikopter.

AS Gempur Basis ISIS di Libya dengan Helikopter

Sejak awal Agustus, jet-jet tempur AS sudah dikerahkan untuk membantu petempur yang setia pada Pemerintahan Kesepakatan Nasional (Government of National Accord/GNA) merebut kembali kota pesisir Sirte, melancarkan puluhan serangan ke posisi-posisi dan peralatan tempur ISIS.

Juru bicara komando militer AS di Afrika Letznan Komandan Anthony Falvo mengatakan bahwa dalam beberapa hari terakhir helikopter-helikopter tempur Korps Marinir AH-1W SuperCobra dikerahkan untuk mendukung operasi.

”Helikopter Cobra memberikan tambahan kemampuan serangan udara tepat,” kata Falvo sebagaimana diberitakan AFP pada Selasa (23/8/2016).

Sementara itu, Pasukan Pro-GNA, yang sejak 1 Agustus mendapat dukungan serangan udara AS, memulai serangan pertengahan Mei untuk mengusir ISIS dari Sirte. Itu adalah salah satu tempat kubu pertahanan kelompok bersenjata tersebut.

”Kami berada di sana atas permintaan GNA,” katanya.

Selain itu, Pentagon berkeras operasi untuk mendukung GNA hanya akan dilakukan lewat udara, para pejabat mengakui ada tim pasukan operasi kecil khusus yang masuk dan keluar dari negara itu untuk mendapat informasi intelijen dan membangun hubungan dengan pasukan lokal. (Tita Yauantari – harianindo.com)

x

Check Also

Hubungan Spanyol dan Catalonia Makin Panas

Hubungan Spanyol dan Catalonia Makin Panas

Madrid – Hingga pukul 10.00 waktu setempat (15.00 WIB), Presiden Catalonia Carles Puigdemont tetap tidak ...