Home > Ragam Berita > Internasional > Empat Kapal Iran Cegat Kapal USS Nitze di Selat Hormuz

Empat Kapal Iran Cegat Kapal USS Nitze di Selat Hormuz

Washington – Empat kapal dari Korps Garda Revolusi Islam (IRGC) diberitakan telah melakukan pencegatan terhadap laju kapal perusak Amerika Serikat, USS Nitze, di Selat Hormuz. Hal ini diungkapkan oleh salah seorang pejabat Pentagon yang tidak ingin disebutkan namanya pada Rabu (24/8/2016).

Empat Kapal Iran Cegat Kapal USS Nitze di Selat Hormuz

Insiden terjadi saat empat kapal IRGC tiba-tiba mengganggu kapal perusak AS USS Nitze dalam jarak 300 yard atau sekitar 274 meter pada hari Selasa (23/8/2016).

”Penutupan tingkat tinggi dari Iran menciptakan bahaya, melecehkan situasi yang bisa menyebabkan eskalasi lebih lanjut termasuk langkah-langkah defensif tambahan dengan (kapal USS) Nitze,” kata pejabat Pentagon itu seperti dikutip Reuters, Kamis (25/8/2016).

Empat IRGC dari Iran tersebut mencurigai aktivitas militer AS di dekat perbatasan Iran.

Insiden laut antara Iran dan Amerika Serikat juga pernah terjadi pada Januari 2016 lalu saat 10 pelaut AS di tahan oleh dua kapal patroli IRGC karena telah memasuki wilayah Iran secara ilegasl. 10 pelaut AS ini ditahan selama 15 jam oleh pihak keamanan Iran, namun kemudian dibebaskan setelah Pemerintah Obama melakukan lobi.
(Samsul Arifin)

x

Check Also

Hubungan Spanyol dan Catalonia Makin Panas

Hubungan Spanyol dan Catalonia Makin Panas

Madrid – Hingga pukul 10.00 waktu setempat (15.00 WIB), Presiden Catalonia Carles Puigdemont tetap tidak ...