Home > Travel & Kuliner > Kuliner > Mi Gomak, Spaghetti Khas Tanah Batak yang Kini Mulai Tergusur

Mi Gomak, Spaghetti Khas Tanah Batak yang Kini Mulai Tergusur

Parapat – Bila Anda berkesempatan mampir berwisata ke Danau Toba, Parapat, Sumatera Utara, jangan lupa singgah ke Pasar Tiga Raja untuk menkmati makanan khas Tanah Batak, Mi Gomak.

Mi Gomak, Spaghetti Khas Tanah Batak yang Kini Mulai Tergusur

Dinamakan Mi Gomak (aduk-aduk) karena dulu cara pembuatan dan penyajiannya dilakukan dengan tangan kosong, tanpa alat. Awalnya, mi diambil dari baskom besar menggunakan tangan, lalu diletakkan di piring. Barulah mi tersebut diberi kuah.

Sepintas Mi Gomak yang berukuran besar nampak seperti spaghetti yang biasa disajikan di restoran-restoran. Namun yang membedakannya, bila spaghetti diberi saus bolognaise atau carbonara, spaghetti asli Tanah Batak ini diberi kuah santan, taburan teri kacang, potongan tahu, dan telur balado.

Namun kehadiran Mi Gomak ini tidak semudah dulu didapatkan dan tidak lagi menjadi primadona karena sudah tersaingi jenis-jenis makanan yang lainnya sehingga penjual Mi Gomak mengurangi porsi pembuatannya serta hanya berjualan di hari-hari tertentu saja.

“Sekarang kan banyak pilihan lain untuk sarapan. Jadi jarang yang beli. Kalau dijual setiap hari, sepi,” kata salah seorang penjual Mi Gomak di Pasar Tiga Raja, Lasman Ambarita (59) saat ditemui, Selasa (23/8/2016).

“Biasa di Pasar Tiga Raja jual Mi Gomak seminggu tiga kali yaitu Selasa, Kamis, Sabtu. Kalau Sabtu lumayan ramai karena pasar besar. Saya jual di depan rumah,” jelas ibu yang biasa dipanggil Ibu Mei ini.

Salah seorang pembeli di warung Ibu Mei, Martuan Situmorang juga mengisahkan bahwa saat ini Mi Gomak sudah mulai tergusur dengan banyaknya pilihan menu yang ditawarkan padahal dulu Mi Gomak adalah makanan yang paling diburu saat pulang dari sekolah atau gereja.

“Kalau sekarang banyak makanan lain buat sarapan seperti lapet atau kue dari tepung beras. Padahal dulu kalau pulang sekolah atau gereja pasti pada lari makan Mi Gomak,” tutur Martuan sambil tertawa.

Pasar Tiga Raja sendiri letaknya tidak jauh dari Hotel Ina Parapat. Jika ingin menuju Pasar Tiga Raja, tersedia angkutan kota yang bisa ditumpangi dari Jalan Raya Siborong-Borong – Parapat dekat loket Bus Sejahtera.
(Samsul Arifin)

x

Check Also

Resep Takjil : Salad Buah Segar

Resep Takjil : Salad Buah Segar

Jakarta – Salad Buah dapat menjadi pilihan menu untuk berbuka. Aneka macam buah dipadukan susu, ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis