Home > Travel & Kuliner > Kuliner > Beredar Tulisan Tangan Yang Disebut Sebagai Resep Asli Ayam KFC

Beredar Tulisan Tangan Yang Disebut Sebagai Resep Asli Ayam KFC

Kentucky – Resep asli ayam goreng Kentucky Fried Chicken (KFC) selama ini menjadi resep yang paling dicari oleh orang di seluruh dunia. Baru-baru ini, resep tersebut pun dikabarkan telah ditemukan di arsip keluarga Colonel Sanders.

Beredar Tulisan Tangan Yang Disebut Sebagai Resep Asli Ayam KFC

Sejak didirikan pada tahun 1952 di Kentucky, Amerika Serikat (AS), resep asli ayam goreng KFC selalu dijaga kerahasiaannya. Original Recipe tersebut kabarnya disimpan dalam brankas di Louisville, Kentucky. Hanya sedikit orang yang tahu resep itu dan semuanya sudah terikat kontrak agar tidak membocorkannya.

Kecanggihan teknologi membuat tindak penanganan resep asli ayam goreng KFC semakin rumit. Sementara satu perusahaan mencampur formulasi yang mewakili sebagian resep, perusahaan rempah lain mencampur sisanya. Kemudian, sistem pemrosesan komputer digunakan untuk menstandardisasi campuran produk tersebut. Hal ini dilakukan untuk memastikan tidak ada perusahaan yang memiliki resep lengkap KFC.

Tetapi kini resep asli ayam goreng KFC dikabarkan ditemukan di Corbin, Kentucky. Cerita berawal saat reporter Chicago Tribune (19/8/2016) menemui Joe Ledington, keponakan Colonel Sanders yang kini berusia 67 tahun.

Beredar Tulisan Tangan Yang Disebut Sebagai Resep Asli Ayam KFC

Ledington mempertontonkan arsip yang dimilikinya tentang Colonel Sanders.

“Ini sebenarnya album Bibi Claudia,” ujar Ledington merujuk pada sosok istri kedua Colonel Sanders, Claudia Ledington.

Pada arsip itu, terdapat banyak foto, kliping berita di koran, serta dokumen keluarga lainnya. Namun resep tulisan tangan di bagian belakang arsip adalah hal paling menarik.

Di atas selembar kertas putih, ada tulisan bertinta biru dengan judul “11 Rempah – Campur dengan 2 Cangkir Tepung Terigu.” Dibawahnya lalu terdapat urutan nama rempah berikut jumlah yang dibutuhkan seperti berikut:

2/3 sdt garam
1/2 sdt thyme
1/2 sdt basil
1/3 sdt oregano
1 sdt celery salt
1 sdt lada hitam
1 sdt dried mustard
4 sdt paprika
2 sdt garlic salt
1 sdt ground ginger
3 sdt lada putih

Ketika ditanya apakah ini resep bumbu asli ayam goreng KFC, Ledington mengiyakannya tanpa ragu. Namun usai beberapa waktu selang wawancara, Chicago Tribune mengabarkan Ledington tiba-tiba meragukan keaslian resep tersebut.

“Saya baru memiliki arsip tersebut selama 4 tahun setelah saudara perempuan saya meninggal,” jelasnya. Ia menambahkan tulisan tangan tersebut bukanlah milik Colonel Sanders tetapi Ledington yakin herba dan rempah yang tercantum adalah yang dipakai KFC.

“Waktu saya berusia 10, 11, dan 12 tahun saya membantu mencampurkan herba dan rempah tersebut di garasi,” ujar Ledington. Menurutnya, bumbu kunci dari resep tersebut adalah lada putih. (Yayan – harianindo.com)

x

Check Also

Resep Mochi Es Krim Mudah Dibuat

Resep Mochi Es Krim Mudah Dibuat

Jakarta – Sajian pencuci mulut yang satu ini sangat terkenal di Jepang. Mochi es krim ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis